DIECAST MINIATUR MOBIL Nunukan

DIECAST MINIATUR MOBIL Nunukan

DIECAST MINIATUR MOBIL Nunukan
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan dengar dong merk yg pertama... karna anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias model yg diproduksi memakekan petunjuk die-casting, yang bermakna memakai prosedur pelelehan logam alias logam utk kemudian dituang serta dicetak setakar dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nunukan
Bahan
Metal yg dipakai kebanyakan adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang regular menerapkan panduan die casting biasanya adalah mainan model dengan size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun bisa diproses dengan langkah ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dengan istilahnya, krn mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted k'lo sudah terjerembab cinta pada jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi mempunyai nilai ekonomi yg sangat bagus kalau kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh lebih upah dari menekuni pencaharian modeling ini. Lebih-Lebih banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, sampai dgn terlibat beserta menjalani jual-beli, liquiditas uang di pencaharian mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli baik jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nunukan

DIECAST MINIATUR MOBIL Nunukan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs modeling yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini bisa menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nunukan
Harga
Value juga amat bermacam-macam dan miring menjadi tinggi, sampai-sampai amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila rupa modeling tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nunukan
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kesukaan yg satu ini. Tapi bagi orang serupa saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai miniatur bisa menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu dpt kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tidak perlu menghalangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai atau dari semata-mata demen kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan kaidah apa kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, semacam saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nunukan

DIECAST MINIATUR MOBIL Nunukan

DIECAST MINIATUR MOBIL Nunukan

LihatTutupKomentar