DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau serta dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias desain yg diproduksi menerapkan manual die-casting, yg bermakna menggunakan prosedur pelelehan logam dgn kata lain metal untuk kemudian dituang dengan dicetak sinkron dgn rupa yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong
Bahan
Metal yang dipake biasanya adalah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg regular menerapkan bimbingan die casting biasanya yakni mainan jenis dgn ukuran perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun sanggup diciptakan dgn panduan ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlampau perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pd model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care kalo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain tidak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tapi mendapatkan nilai ekonomi yg sangat bagus kalo kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima extra penghasilan dari menekuni profesi versi mini ini. Sampai-Sampai byk yang dpt menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat bersama melaksanakan jual-beli, peredaran uang di pencaharian mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi positive jual beli maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yang dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini mampu menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong
Harga
Price juga sangat bermacam-macam serta berat berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo design versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia hobi yg 1 ini. Tapi untuk orang serupa saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai modeling dapat berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai menggerecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari sekadar senang kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, mau memulainya, mau menekuninya, seperti penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

LihatTutupKomentar