DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau beserta mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias jenis yang diproduksi menerapkan aturan die-casting, yg berarti melalui prosedur pelelehan logam atau metal utk lantas dituang bersama dicetak serasi dgn model yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid
Bahan
Logam yg digunakan kebanyakan adalah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang jamak menerapkan tips die casting umumnya yaitu mainan jenis dgn skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun mampu dibuat dgn pola ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlampau perduli dgn istilahnya, karena mereka dpt semacam keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pada model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak peduli jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain enggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), namun mendapatkan nilai ekonomi yg sangat bagus k'lo kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima pelengkap penghasilan dari menekuni bisnis diecast ini. Sampai-Sampai byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni hanya dari karier modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, hingga dengan terlibat dengan melaksanakan jual-beli, aliran uang di karier mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan transaksi bagus jual beli maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs modeling yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini dapat mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid
Harga
Harga juga sangat beragam & condong berubah tinggi, malahan amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau design miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia senang yang 1 ini. Namun buat orang semacam saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur sanggup berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa memprovokasi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai atau dari semata-mata suka kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, semacam saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

LihatTutupKomentar