DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta denger dong merk yg pertama... karena anak2 pria selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain rupa yg diproduksi memakaikan aneka tips die-casting, yg bermakna memakai prosedur pelelehan metal dengan kata lain logam untuk lalu dituang & dicetak bertimbal dengan tipe yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Bahan
Metal yg diperlukan lazimnya ialah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang normal menerapkan arahan die casting umumnya adalah mainan desain dgn size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun bisa diproses dgn langkah ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dengan istilahnya, sebab mereka dpt semacam keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pada model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak peduli k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dgn kata lain tak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mempunyai harga ekonomi yang sangat bagus jika kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan tambahan mata pencaharian dari menekuni usaha modeling ini. Malahan banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hyn dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, liquiditas uang di bisnis mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi baik jual pesan maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs modeling yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini mampu mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Harga
Price juga sangat beragam serta menjurus berubah tinggi, bahkan sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika rupa modeling tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Tetapi utk orang seperti saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai diecast sanggup berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa menggerecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai alias dari hanya kesenangan kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, seperti saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

LihatTutupKomentar