DIECAST MINIATUR MOBIL Bontang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bontang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bontang
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain design yg diproduksi memakaikan proses die-casting, yg berarti memakai teknik pelelehan logam dgn kata lain logam bakal setelah itu dituang dengan dicetak sinkron dengan jenis yg diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bontang
Bahan
Logam yang dipegunakan kebanyakan adalah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang umum memakekan tips die casting biasanya adalah mainan design dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun mampu diciptakan dgn metode ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dgn istilahnya, karena mereka sanggup seperti keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pada jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli kalo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain tak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), namun memiliki price ekonomi yang amat bagus kalau kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan pelengkap pendapatan dari menekuni profesi versi mini ini. Bahkan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari karier versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat & melakukan jual-beli, sirkulasi uang di usaha mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bontang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bontang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs diecast yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini mampu mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bontang
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam dengan cenderung menjelma tinggi, malahan amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika tipe diecast tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bontang
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia doyan yg satu ini. Namun buat orang seperti saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur mampu berubah sangat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak usah merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai atau dari semata-mata senang kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bontang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bontang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bontang

LihatTutupKomentar