DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias jenis yg diproduksi memakaikan aneka tips die-casting, yang bermakna lewat prosedur pelelehan metal alias metal bakal kemudian dituang serta dicetak sinkron dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas
Bahan
Metal yang diperlukan umumnya yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg regular memakaikan tips die casting lazimnya adalah mainan rupa dgn skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun bisa dibuat dengan metode ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dengan istilahnya, krn mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pd rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak concern kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias enggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yg sangat bagus jika kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh extra upah dari menekuni karier miniatur ini. Bahkan byk yang dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari bisnis miniatur ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat dan menjalankan jual-beli, sirkulasi uang di karier mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi baik jual belanja ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yang dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini bisa sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas
Harga
Price juga sangat bermacam-macam beserta menjurus berubah tinggi, bahkan sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila jenis modeling tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia doyan yang 1 ini. Tetapi bagi orang seperti saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur dapat menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak pake mengaduhkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai atau dari sekadar senang kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, sebagaimana penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

LihatTutupKomentar