DIECAST MINIATUR MOBIL Aimas

DIECAST MINIATUR MOBIL Aimas

DIECAST MINIATUR MOBIL Aimas
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau serta mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain rupa yg diproduksi menerapkan sistem die-casting, yang bermakna memakai teknik pelelehan logam dgn kata lain logam untuk setelah itu dituang dan dicetak setakar dengan rupa yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aimas
Bahan
Metal yg diperlukan biasanya yakni zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang regular menggunakan program die casting lazimnya ialah mainan rupa dgn size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun mampu diciptakan dgn petunjuk ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dengan istilahnya, karena mereka sanggup semacam keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pd tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak care jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yang sangat bagus jika kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh lebih income dari menekuni penghidupan miniatur ini. Lebih-Lebih byk yang dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari bisnis miniatur ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat serta memperbuat jual-beli, aliran uang di pekerjaan mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual membeli maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aimas

DIECAST MINIATUR MOBIL Aimas

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs modeling yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini dpt mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aimas
Harga
Value juga amat berupa-rupa serta mengarah berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika jenis versi mini tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aimas
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia senang yang 1 ini. Tapi untuk orang seperti saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast mampu menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah menyusahkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuma suka kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan aneka tips apa kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, seperti saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aimas

DIECAST MINIATUR MOBIL Aimas

DIECAST MINIATUR MOBIL Aimas

LihatTutupKomentar