DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta dengar dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias tipe yang diproduksi menggunakan tutorial die-casting, yang berarti lewat operasi pelelehan metal atau logam bagi sesudahnya dituang dan dicetak pantas dgn tipe yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur
Bahan
Logam yg digunakan biasanya yakni zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yg regular memakekan prosedur die casting rata-rata merupakan mainan jenis dgn skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun mampu diurus dgn pola ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlampau perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu serupa keracunan / addicted jika sudah jatuh cinta pd jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak care jika diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias enggak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), namun mempunyai harga ekonomi yang amat bagus jika kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh lbh pendapatan dari menekuni usaha versi mini ini. Terlebih byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari usaha miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat & mengerjakan jual-beli, rotasi uang di penghidupan mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positive jual beli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs versi mini yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur
Harga
Value juga sangat bervariasi dengan mengarah menjelma tinggi, malahan sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau design miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia hobi yang 1 ini. Tetapi bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur dpt menjelma sangat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus menyusahkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari sekadar demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, seperti saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

LihatTutupKomentar