DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau design yg diproduksi menerapkan pola die-casting, yg bermakna menggunakan teknik pelelehan metal dengan kata lain metal utk lantas dituang bersama dicetak setakar dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Bahan
Logam yg digunakan biasanya adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yg regular menggunakan arahan die casting biasanya yakni mainan design dgn size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun bisa diciptakan dgn tips ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dgn istilahnya, krn mereka bisa serupa keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pd desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak concern jika versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi memiliki price ekonomi yang sangat bagus kalo kita dpt jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima ekstra mata pencaharian dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Malahan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari bisnis modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat bersama melaksanakan jual-beli, pergantian uang di profesi mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Harga
Price juga sangat bermacam-macam & cenderung berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila tipe versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kegemaran yg satu ini. Namun buat orang semacam saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai versi mini mampu berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai memprovokasi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuman doyan kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, pengen menekuninya, seperti saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

LihatTutupKomentar