DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & denger dong merk yang pertama... krn anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain design yang diproduksi memakekan bimbingan die-casting, yg bermakna menggunakan teknik pelelehan logam dengan kata lain metal bakal setelah itu dituang dengan dicetak pantas dengan model yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare
Bahan
Metal yg diperlukan kebanyakan adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yg normal menggunakan program die casting lazimnya adalah mainan tipe dengan skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun sanggup diciptakan dengan strategi ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak amat perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup seperti keracunan / addicted kalo udah tersandung cinta pd desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern bila miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain enggak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), namun memiliki value ekonomi yg amat bagus jika kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan extra penghasilan dari menekuni pekerjaan diecast ini. Bahkan byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari usaha versi mini ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat & memperbuat jual-beli, perputaran uang di pekerjaan mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual berbelanja maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini bisa sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare
Harga
Harga juga sangat bervariasi dengan berat menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau model diecast tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia kegemaran yang 1 ini. Namun utk orang seperti saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai versi mini mampu berubah sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tidak perlu memprovokasi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuma senang kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, seperti penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

LihatTutupKomentar