DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat hunian alias supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain tipe yg diproduksi memakekan cara die-casting, yang berarti memakai prosedur pelelehan metal dgn kata lain logam bakal setelah itu dituang bersama dicetak pantas dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam
Bahan
Metal yg diperlukan rata-rata yaitu zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yg regular menggunakan tips-tips die casting kebanyakan yaitu mainan rupa dgn size misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun sanggup diciptakan dengan strategi ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak berlebihan perduli dengan istilahnya, sebab mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted k'lo udah terjerembab cinta pada tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak care k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tidak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun mempunyai value ekonomi yang sangat bagus bila kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan ekstra salary dari menekuni profesi diecast ini. Sampai-Sampai banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari karier diecast ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat bersama mengerjakan jual-beli, rotasi uang di karier mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli positif jual pesan ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yang dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini dapat mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam
Harga
Harga juga amat berupa-rupa & cenderung menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau design modeling tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia hobi yang 1 ini. Tetapi bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur dpt menjelma amat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun minus menyusahkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai alias dari hanya kesukaan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, seperti penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

LihatTutupKomentar