DIECAST MINIATUR MOBIL Probolinggo

DIECAST MINIATUR MOBIL Probolinggo

DIECAST MINIATUR MOBIL Probolinggo
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman atau supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain design yang diproduksi memakaikan teknik die-casting, yang berarti menggunakan teknik pelelehan logam atau metal untuk setelah itu dituang beserta dicetak sebati dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Probolinggo
Bahan
Metal yang digunakan lazimnya merupakan zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang lazim memakaikan tips-tips die casting umumnya yakni mainan tipe dengan ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun sanggup diproduksi dgn strategi ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dgn istilahnya, karena mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pada tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak care kalo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), namun mempunyai value ekonomi yg amat bagus bila kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan extra pendapatan dari menekuni profesi miniatur ini. Sampai-Sampai banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni semata-mata dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat serta menjalankan jual-beli, sirkulasi uang di profesi mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi baik jual beli maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Probolinggo

DIECAST MINIATUR MOBIL Probolinggo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini dapat sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Probolinggo
Harga
Price juga amat berupa-rupa dengan condong menjelma tinggi, malahan sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau jenis versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Probolinggo
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia kegemaran yg satu ini. Tapi bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur dapat menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn minus mengacaukan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari semata-mata demen kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, kepingin menekuninya, serupa penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Probolinggo

DIECAST MINIATUR MOBIL Probolinggo

DIECAST MINIATUR MOBIL Probolinggo

LihatTutupKomentar