DIECAST MINIATUR MOBIL Sigi Biromaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Sigi Biromaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Sigi Biromaru
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat hunian dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau jenis yg diproduksi memakekan panduan die-casting, yg bermakna menggunakan proses pelelehan metal dgn kata lain logam bagi lalu dituang & dicetak setakar dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sigi Biromaru
Bahan
Metal yang dipegunakan kebanyakan ialah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakaikan proses die casting kebanyakan yakni mainan design dengan skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun dapat dibuat dgn petunjuk ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlalu perduli dengan istilahnya, krn mereka dapat serupa keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pd rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak care k'lo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain tak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), namun memperoleh harga ekonomi yang amat bagus k'lo kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan komplemen mata pencaharian dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Lebih-Lebih banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hyn dari usaha modeling ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat bersama mengerjakan jual-beli, sirkulasi uang di profesi mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual membeli ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sigi Biromaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Sigi Biromaru

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini bisa menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sigi Biromaru
Harga
Nilai juga amat bervariasi dan cenderung menjadi tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika desain modeling tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sigi Biromaru
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia hobi yg satu ini. Tapi bagi orang semacam saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai modeling dapat menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tidak perlu merongrong kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sigi Biromaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Sigi Biromaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Sigi Biromaru

LihatTutupKomentar