DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain model yg diproduksi menerapkan manual die-casting, yg bermakna lewat sistem pelelehan logam dengan kata lain logam bakal lalu dituang dan dicetak sebati dgn jenis yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang
Bahan
Logam yang dipake kebanyakan merupakan zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yg normal memakaikan petunjuk die casting umumnya yaitu mainan rupa dengan skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun bisa diproses dengan tata cara ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pd model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak care kalo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias tidak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mempunyai harga ekonomi yang sangat bagus bila kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima komplemen honor dari menekuni profesi diecast ini. Malahan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat bersama menjalankan jual-beli, rotasi uang di karier mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi positive jual berbelanja maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs modeling yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang
Harga
Harga juga amat bervariasi & mengarah menjelma tinggi, malahan amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo model versi mini tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia minat yg satu ini. Namun utk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai miniatur bisa menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun minus mengusik kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari sekadar demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, seperti penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

LihatTutupKomentar