DIECAST MINIATUR MOBIL Murung Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Murung Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Murung Raya
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat gedung atau supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias jenis yg diproduksi menggunakan manual die-casting, yg bermakna menggunakan sistem pelelehan logam dgn kata lain logam untuk kemudian dituang & dicetak pantas dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Murung Raya
Bahan
Metal yang dipegunakan rata-rata adalah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yang lumrah menerapkan aneka tips die casting biasanya ialah mainan rupa dengan skala contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun dapat diproses dgn metode ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak amat perduli dengan istilahnya, sebab mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pd rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak care kalo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain nggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), namun mempunyai price ekonomi yg amat bagus k'lo kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh tambahan pendapatan dari menekuni karier miniatur ini. Bahkan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari karier miniatur ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat beserta melakukan jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi bagus jual beli maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Murung Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Murung Raya

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini dapat sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Murung Raya
Harga
Harga juga amat bervariasi dengan berat menjadi tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo rupa versi mini tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Murung Raya
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia demen yang 1 ini. Namun utk orang semacam saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur dpt berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari sekadar minat kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, serupa penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Murung Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Murung Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Murung Raya

LihatTutupKomentar