DIECAST MINIATUR MOBIL Surakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Surakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Surakarta
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta denger dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain design yg diproduksi memakekan cara die-casting, yg bermakna memakai prosedur pelelehan logam dgn kata lain metal utk selanjutnya dituang & dicetak sinkron dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Surakarta
Bahan
Metal yang dipakai umumnya yakni zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yang biasa menggunakan teknik die casting biasanya merupakan mainan design dgn size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun bisa dikerjakan dgn petunjuk ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak amat perduli dgn istilahnya, krn mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted k'lo sudah jatuh cinta pada model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak care kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), namun memiliki nilai ekonomi yg amat bagus jika kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima lebih gaji dari menekuni pekerjaan modeling ini. Sampai-Sampai byk yg mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari bisnis diecast ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat serta melaksanakan jual-beli, pergantian uang di usaha mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan transaksi positive jual membeli maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Surakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Surakarta

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yang dilelang, aliran uang yg terjadi di sini dpt mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Surakarta
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam dan condong menjelma tinggi, terlebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan utk hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo rupa modeling tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Surakarta
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dapat menjadi sangat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus merongrong kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai atau dari hanya minat kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Surakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Surakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Surakarta

LihatTutupKomentar