DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta denger dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain desain yang diproduksi menggunakan sistem die-casting, yg bermakna memakai teknik pelelehan logam alias logam utk kemudian dituang dengan dicetak sesuai dgn jenis yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena
Bahan
Logam yang diperlukan lazimnya yaitu zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang lazim memakaikan prosedur die casting lazimnya yakni mainan desain dgn ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebetulnya apapun dpt diproses dengan arahan ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak berlebihan perduli dengan istilahnya, krn mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted kalo udah jatuh cinta pada model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi mempunyai value ekonomi yang amat bagus kalau kita sanggup jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh ekstra penghasilan dari menekuni pencaharian versi mini ini. Malahan banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari bisnis modeling ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat beserta melaksanakan jual-beli, sirkulasi uang di bisnis mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi positif jual berbelanja maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yg dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini dapat menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena
Harga
Price juga sangat bervariasi dan berat menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau jenis versi mini tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kesukaan yang satu ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur mampu berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu mampu kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa menyusahkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata kegemaran kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

LihatTutupKomentar