DIECAST MINIATUR MOBIL Biak Numfor

DIECAST MINIATUR MOBIL Biak Numfor

DIECAST MINIATUR MOBIL Biak Numfor
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yang pertama... krn anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain jenis yg diproduksi menerapkan cara die-casting, yg bermakna menggunakan proses pelelehan logam dengan kata lain metal buat selanjutnya dituang bersama dicetak sinkron dengan tipe yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Biak Numfor
Bahan
Logam yg dipake kebanyakan ialah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang umum menerapkan proses die casting lazimnya adalah mainan design dengan size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun mampu diproduksi dengan sistem ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu serupa keracunan / addicted k'lo sudah terjerembab cinta pada jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak care bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun memperoleh price ekonomi yang sangat bagus bila kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan lbh income dari menekuni pencaharian miniatur ini. Bahkan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat & melaksanakan jual-beli, liquiditas uang di pekerjaan mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli positif jual belanja maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Biak Numfor

DIECAST MINIATUR MOBIL Biak Numfor

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini mampu mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Biak Numfor
Harga
Price juga amat berupa-rupa dengan menjurus menjadi tinggi, terlebih amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau rupa versi mini tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Biak Numfor
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia senang yg 1 ini. Tapi buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai versi mini dpt menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merintangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari sekadar kesenangan kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, serupa saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Biak Numfor

DIECAST MINIATUR MOBIL Biak Numfor

DIECAST MINIATUR MOBIL Biak Numfor

LihatTutupKomentar