DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan dengar dong merk yang pertama... karna anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias rupa yang diproduksi memakekan teknik die-casting, yg berarti lewat proses pelelehan logam dengan kata lain metal bakal lantas dituang dan dicetak setakar dgn tipe yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara
Bahan
Metal yang digunakan kebanyakan merupakan zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yang lazim menggunakan pola die casting lazimnya adalah mainan tipe dengan ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun dapat diproduksi dgn cara ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak sangat perduli dgn istilahnya, krn mereka mampu seperti keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pada rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak concern jika miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mempunyai nilai ekonomi yang sangat bagus kalau kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima komplemen income dari menekuni bisnis miniatur ini. Lebih-Lebih byk yg bisa menghidupi keluarganya murni sekadar dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat dengan menjalankan jual-beli, liquiditas uang di pekerjaan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli bagus jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs diecast yg dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini dpt menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara
Harga
Price juga amat bervariasi serta menjurus menjelma tinggi, lebih-lebih sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika desain versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia suka yang 1 ini. Namun bakal orang serupa saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling sanggup berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak usah merongrong kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari hanya kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

LihatTutupKomentar