DIECAST MINIATUR MOBIL Blitar

DIECAST MINIATUR MOBIL Blitar

DIECAST MINIATUR MOBIL Blitar
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung atau supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau jenis yang diproduksi menggunakan aturan die-casting, yg bermakna melalui metode pelelehan logam dgn kata lain logam buat kemudian dituang & dicetak setakar dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blitar
Bahan
Metal yang digunakan lazimnya merupakan zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yg regular menerapkan teknik die casting rata-rata ialah mainan desain dengan skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun dapat diciptakan dgn cara ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu seperti keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pd model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak concern bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias enggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun mendapatkan nilai ekonomi yang amat bagus jika kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan tambahan salary dari menekuni bisnis miniatur ini. Bahkan byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni hanya dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, liquiditas uang di profesi mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan transaksi positif jual beli maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blitar

DIECAST MINIATUR MOBIL Blitar

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs modeling yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini sanggup sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blitar
Harga
Nilai juga sangat beragam beserta mengarah menjadi tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau tipe miniatur tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blitar
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia senang yang 1 ini. Tetapi buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai modeling bisa berubah sangat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn minus mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, semacam saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blitar

DIECAST MINIATUR MOBIL Blitar

DIECAST MINIATUR MOBIL Blitar

LihatTutupKomentar