DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama denger dong merk yg pertama... karena anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias desain yang diproduksi menerapkan tips-tips die-casting, yang berarti memakai cara pelelehan metal dengan kata lain logam bagi kemudian dituang & dicetak serasi dengan tipe yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong
Bahan
Logam yang dipegunakan rata-rata ialah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang lumrah menggunakan panduan die casting rata-rata yaitu mainan jenis dgn size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun mampu diproses dgn tips-tips ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak concern bila diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tidak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), namun mempunyai nilai ekonomi yang amat bagus kalo kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh lebih penghidupan dari menekuni usaha diecast ini. Bahkan banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hanya dari karier versi mini ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa hobi mainan ini, sampai dgn terlibat & melaksanakan jual-beli, perputaran uang di profesi mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positive jual membeli maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yang dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong
Harga
Harga juga amat bervariasi serta miring menjelma tinggi, bahkan amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau design miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Tapi bakal orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai modeling dapat menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu menyusahkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai atau dari semata-mata kegemaran kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

LihatTutupKomentar