DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & dengar dong merk yang pertama... krn anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat gedung dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias rupa yang diproduksi memakekan teknik die-casting, yg bermakna memakai sistem pelelehan logam dengan kata lain logam buat sesudahnya dituang beserta dicetak sesuai dengan tipe yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan
Bahan
Metal yg dipakai lazimnya adalah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam alias pot metal. Mainan yg standar memakekan aturan die casting rata-rata yakni mainan rupa dengan size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun dpt dibuat dgn program ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dengan istilahnya, karna mereka dapat serupa keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pada rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care kalo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), namun memperoleh harga ekonomi yg amat bagus k'lo kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh ekstra penghasilan dari menekuni usaha versi mini ini. Bahkan banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari usaha versi mini ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, pergantian uang di profesi mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli bagus jual beli maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yg dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini sanggup sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa dengan berat berubah tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila rupa miniatur tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia minat yang satu ini. Namun utk orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini sanggup menjadi amat menguntungkan. Utk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa mengacaukan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuman kesukaan kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, seperti penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

LihatTutupKomentar