DIECAST MINIATUR MOBIL Mataram

DIECAST MINIATUR MOBIL Mataram

DIECAST MINIATUR MOBIL Mataram
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama dengar dong merk yang pertama... karna anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain jenis yg diproduksi menggunakan tutorial die-casting, yg bermakna menggunakan sistem pelelehan metal atau metal buat lantas dituang bersama dicetak bertimbal dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mataram
Bahan
Logam yg dipegunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang lazim menerapkan petunjuk die casting rata-rata adalah mainan rupa dgn ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun mampu diurus dgn petunjuk ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dengan istilahnya, sebab mereka sanggup seperti keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak care bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), namun mempunyai price ekonomi yg sangat bagus k'lo kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima ekstra honor dari menekuni bisnis modeling ini. Lebih-Lebih banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat bersama menjalankan jual-beli, liquiditas uang di pekerjaan mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli bagus jual belanja ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mataram

DIECAST MINIATUR MOBIL Mataram

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini mampu mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mataram
Harga
Value juga sangat bervariasi dengan berat menjelma tinggi, lebih-lebih sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika tipe versi mini tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mataram
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia gemar yg 1 ini. Tetapi bagi orang semacam saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast dapat menjelma sangat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak pake merongrong kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai alias dari hyn kegemaran kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, seperti penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mataram

DIECAST MINIATUR MOBIL Mataram

DIECAST MINIATUR MOBIL Mataram

LihatTutupKomentar