DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & dengar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain design yg diproduksi memakekan teknik die-casting, yg bermakna menggunakan teknik pelelehan logam atau metal bakal setelah itu dituang bersama dicetak setakar dengan model yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan
Bahan
Logam yg dipake lazimnya yakni zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang lumrah menerapkan metode die casting biasanya merupakan mainan rupa dengan size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun dpt dikerjakan dengan cara ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dgn istilahnya, sebab mereka mampu serupa keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pd model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli bila versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memiliki price ekonomi yang amat bagus jika kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh lbh income dari menekuni profesi diecast ini. Malahan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dengan melaksanakan jual-beli, peredaran uang di karier mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi baik jual pesan ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini mampu sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan
Harga
Nilai juga amat beragam serta berat menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila design versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kegemaran yg 1 ini. Tetapi untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai diecast dapat berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn minus merongrong kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai alias dari sekadar demen kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, semacam saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

LihatTutupKomentar