DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi menggunakan aneka tips die-casting, yg bermakna melalui metode pelelehan logam atau metal bagi lalu dituang beserta dicetak setakar dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul
Bahan
Metal yang dipake rata-rata merupakan zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg umum memakaikan aneka tips die casting lazimnya yaitu mainan desain dengan skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun bisa diciptakan dengan pola ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlampau perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa seperti keracunan / addicted k'lo sudah terjerembab cinta pada tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak care jika versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dengan kata lain tak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi mendapatkan nilai ekonomi yang sangat bagus kalo kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan lebih honor dari menekuni pencaharian diecast ini. Terlebih banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni cuman dari karier versi mini ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat & menjalani jual-beli, pertukaran uang di penghidupan mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan transaksi baik jual pesan ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs diecast yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dpt mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul
Harga
Price juga amat beragam & cenderung menjadi tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika rupa miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia gemar yang 1 ini. Tapi buat orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai diecast bisa berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa merintangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari hanya demen kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, semacam penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

LihatTutupKomentar