DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau serta dengar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat permukiman alias supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain model yang diproduksi menggunakan tutorial die-casting, yg berarti melalui proses pelelehan metal dengan kata lain metal buat setelah itu dituang serta dicetak sesuai dengan jenis yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan
Bahan
Logam yg diperlukan umumnya yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg jamak menerapkan program die casting umumnya yakni mainan desain dgn skala perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun bisa dirancang dgn metode ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dgn istilahnya, karna mereka bisa semacam keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak concern k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tidak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), namun mempunyai nilai ekonomi yg amat bagus jika kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima komplemen mata pencaharian dari menekuni karier miniatur ini. Lebih-Lebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat bersama memperbuat jual-beli, aliran uang di bisnis mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi baik jual membeli maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs miniatur yang dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini mampu mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan
Harga
Value juga sangat bervariasi serta cenderung menjelma tinggi, terlebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo rupa modeling tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia suka yg satu ini. Namun untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini sanggup berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari sekadar demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan langkah apa kita hendak menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

LihatTutupKomentar