DIECAST MINIATUR MOBIL Bekasi

DIECAST MINIATUR MOBIL Bekasi

DIECAST MINIATUR MOBIL Bekasi
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta denger dong merk yang pertama... krn anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian alias supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain rupa yang diproduksi memakaikan pola die-casting, yang bermakna menggunakan operasi pelelehan metal dgn kata lain metal untuk selanjutnya dituang dengan dicetak sesuai dgn tipe yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bekasi
Bahan
Logam yang dipake biasanya merupakan zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yang lumrah menerapkan aturan die casting biasanya merupakan mainan jenis dengan size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun mampu diurus dengan bimbingan ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dgn istilahnya, karna mereka dapat serupa keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak care kalo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memperoleh price ekonomi yang amat bagus kalo kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan lebih upah dari menekuni pekerjaan diecast ini. Bahkan banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari karier modeling ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu hobi mainan ini, sampai dgn terlibat dan mengerjakan jual-beli, peredaran uang di penghidupan mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi bagus jual pesan ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bekasi

DIECAST MINIATUR MOBIL Bekasi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs miniatur yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini sanggup sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bekasi
Harga
Price juga amat berupa-rupa serta condong menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau rupa modeling tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bekasi
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia suka yang satu ini. Tetapi bakal orang semacam saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai diecast dpt berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak pake menggerecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai alias dari hanya gemar kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bekasi

DIECAST MINIATUR MOBIL Bekasi

DIECAST MINIATUR MOBIL Bekasi

LihatTutupKomentar