DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias desain yg diproduksi menerapkan aneka tips die-casting, yg bermakna memakai sistem pelelehan metal atau logam bagi sesudahnya dituang serta dicetak setakar dgn model yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo
Bahan
Logam yang diperlukan kebanyakan yaitu zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakekan tutorial die casting lazimnya yaitu mainan model dengan ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun dpt diurus dengan cara ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dgn istilahnya, karna mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pada rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak peduli bila versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain tidak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi memiliki harga ekonomi yang amat bagus bila kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima komplemen gaji dari menekuni profesi miniatur ini. Sampai-Sampai byk yang dpt menghidupi keluarganya murni semata-mata dari usaha modeling ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat dan melakukan jual-beli, aliran uang di karier mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi positif jual beli maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini bisa sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo
Harga
Price juga sangat bervariasi dengan cenderung menjadi tinggi, terlebih amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika design diecast tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia demen yg satu ini. Namun buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast mampu menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa menggerecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari semata-mata demen kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, semacam saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

LihatTutupKomentar