DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan denger dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain jenis yang diproduksi menerapkan metode die-casting, yang bermakna menggunakan teknik pelelehan logam atau logam bagi selanjutnya dituang serta dicetak setakar dengan rupa yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana
Bahan
Metal yang diperlukan umumnya yaitu zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakaikan metode die casting rata-rata adalah mainan jenis dgn skala perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun dapat dibuat dgn aneka tips ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dengan istilahnya, krn mereka dapat serupa keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pada rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak peduli bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias enggak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun mempunyai value ekonomi yg amat bagus k'lo kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima lebih honor dari menekuni karier modeling ini. Malahan banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari karier diecast ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat beserta melaksanakan jual-beli, peredaran uang di pekerjaan mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli bagus jual beli maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs modeling yang dilelang, aliran uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa bersama menjurus berubah tinggi, malahan sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau desain miniatur tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia suka yg 1 ini. Tetapi bakal orang serupa saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast mampu berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai menggerecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai alias dari semata-mata hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan tata cara apa kita mau menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, semacam saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

LihatTutupKomentar