
DIECAST MOBIL CEPER
Kendaraan Roda Empat udah berubah wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat amat membantu mobilitas manusia masa menjalankan kesibukan sehari-hari.
Apalagi sekarang, tipe beserta jenis kendaraan roda empat udah sangat beragam. Mulai dari family wagon dgn kata lain waktu ini ekstra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.
Mesin yang ditawarkan pun sudah amat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.Lima Ratus cc bakal mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yg banyak dipake oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.
Namun kali ini kita tidak mau membahas ragam kendaraan yg ada saat ini. Kali kita akan menjelajahi historis mobil. Bagaimana operasi & perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 hingga memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.
DIECAST MOBIL CEPER
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang bisa membawa mereka ke wadah lain dengan lbh muda, Leonardo da Vinci udah membuat sketsa “mobil” pd 1478. Konsep ini belum menerapkan mesin dan masih bercorak sket di atas kertas.
Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Menerapkan mesin uap ini diperlukan bagi menunjang pergerakan keinginan militer Prancis pd 1870-an dalam membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya masa itu diyakini dengan dengan kecepatan manusia saat berjalan.
DIECAST MOBIL CEPER
Periode 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 berubah babak bernilai dlm sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, pada waktu sebuah mesin berbahan dasar bakar solar mulai diperkenalkan dan setelah itu banyak dipakai masyakarat.
Wkt kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul selaku tonggak karena mampu menghasilkan mesin yang lbh efisien dlm pemanfaatan berbahan dasar bakar. Mesin diesel terus dikembangan serta masih senantiasa diperlukan selaku salah satu mesin mobil.
DIECAST MOBIL CEPER
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan dasar bakar bensin. Memakaikan tiga roda selaku penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh jago mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.
Enggak kepingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mengembangkan kendaraan pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.
DIECAST MOBIL CEPER
Era 1900
Sebelum 1900, stir mobil berbentuk 1/2 lingaran saja. Terlebih ada yang menggunakan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan serta ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai serta emang lbh menggampangkan pergerakan mobil.
DIECAST MOBIL CEPER
Kendaraan Roda 4 kesatu Henry Ford
Kecepatan mobil pun sudah mulai meningkat tinggi. Bisa menggapai 15-20 km/jam. Sudah extra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang kurang lebih 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negara bagian Alabama, Amerika Serikat, menyekat kecepatan tertinggi mobil wkt itu cukup dua belas km/jam.
Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Design T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, cara pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yg menemukan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche waktu mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.
DIECAST MOBIL CEPER
Zaman 1920
Di zaman ini, kendaraan roda empat udah mulai menjelma wilayah dari kehidupan manusia. Lebih-Lebih sudah menjadi industri yang terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yang terikat mobil.
DIECAST MOBIL CEPER

Kendaraan Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat terlebih byk bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai skala kecil sampai skala besar. Namun, tampaknya hyn mereka yang bermodal besar saja yg sanggup bertahan.
Dari sekitar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjelma hyn tinggal 44 saja pd 1929. Dari besaran itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, dengan Chrysler.
Pada periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda 4 enggak lagi merasa kesepian kala berkendara seorang diri.
DIECAST MOBIL CEPER
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi pokok utk menciptakan kendaraan yang sanggup bermanfat di medan perang.
DIECAST MOBIL CEPER
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yg sekadar tinggi meski mesti menjelajahi lokasi berkontur naik turun. Wkt ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
DIECAST MOBIL CEPER
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali bisa mengembangkan modern yg mereka miliki waktu itu. Muncul mesin dgn digital injeksi pd Januari 1951.
Kendaraan Roda 4 kesatu yang menerapkan mesin injesi ini yaitu Gutbrod Superior dan Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua mobil ini formal dipasarkan ke publik dengan mendapat sambutan cuma positif.
DIECAST MOBIL CEPER
Goliath GP 700 E
Awal 1956, digital baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini ialah imbas dari kecemasan rakyat saat itu terhadap besaran karbondioksida yg terus meningkat berbarengan perkembangan jumlah kendaraan yg semakin meningkat.
Namun, globalisasi karya Eugene Houdry tersebut waktu itu masih sebatas uji coba dengan diterapkan bakal mesin bahan bakar bensin. Tapi, ilham ini mampu dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding teknologi yang berkembang masa itu.
DIECAST MOBIL CEPER
Dekade 1960
Sejarah kendaraan roda 4 memasuki jaman yang lebih maju. Kendaraan sudah makin lama memasyarakat dgn konstruksi yg ekstra compact bersama fungsional.
DIECAST MOBIL CEPER
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang punya sketsa nggak jamak serta ditahbiskan sebagai mobil rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, & Focus yang merupakan mobil-mobil pionir dengan jenis ekstra simpel serta enggak besar.
Sejak wkt itu, pembuat kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yg ekstra simpel.
DIECAST MOBIL CEPER
Periode 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dgn munculnya globalisasi airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang dapat menopang penumpang bebas dari luka parah waktu menjumpai kecelakaan.
