
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
Kendaraan Roda 4 sudah menjadi wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan amat membantu mobilitas manusia masa melaksanakan aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, tipe & tipe kendaraan roda 4 udah amat beragam. Mulai dari family wagon alias kini extra dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yang ditawarkan pun udah sangat beragam. Semacam kelas 1.000-1.500 cc buat mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain mobil bermesin di atas 2.000 cc yg banyak digunakan oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.
Namun kali ini kita nggak hendak membahas ragam kendaraan roda empat yg ada saat ini. Kali kita bakal menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana cara dengan perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 hingga memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang dpt membawa mereka ke tempat lain dgn extra muda, Leonardo da Vinci udah menghasilkan konsep “mobil” pada 1478. Tema ini belum menerapkan mesin dan masih berupa sket di atas kertas.
Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Memakekan mesin uap ini dipegunakan untuk menopang pergerakan keperluan militer Prancis pd 1870-an dalam membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini dengan dengan kecepatan manusia wkt berjalan.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
Dekade 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjelma babak bernilai dalam historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, selagi sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan dan setelah itu banyak dipake masyakarat.
Wkt nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak sebab mampu menghasilkan mesin yg lebih efisien dalam pemanfaatan bahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan beserta masih tetap diperlukan sbg salah satu mesin mobil.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
Cikal bakal mobil 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin material bakar bensin. Menerapkan tiga roda sbg penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh lihai mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.
Nggak kepingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun kendaraan roda 4 pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
Era 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan berbentuk setengah lingaran saja. Lebih-Lebih ada yang menggunakan semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan serta ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai & benar-benar extra memudahkan pergerakan mobil.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
Kendaraan Roda 4 nomor satu Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun udah mulai makin tinggi. Dpt sampai 15-20 km/jam. Udah lebih cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yang berkisar 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negeri daerah Alabama, Amerika Serikat, memagari kecepatan setinggi-tingginya mobil waktu itu cuman dua belas km/jam.
Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Tipe T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, metode pembuatan mobil ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Merupakan Ferdinand Porsche yg mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche wkt menemukan mesin ini baru 18 tahun.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
Dekade 1920
Di era ini, kendaraan roda 4 udah mulai menjadi bagian dari kehidupan manusia. Bahkan sudah menjelma industri yg terus berkembang bersamaan munculnya penemuan-penemuan baru yg terkait mobil.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO

Kendaraan Roda Empat Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih banyak bermunculan industri yg menciptakan kendaraan dari mulai size kecil hingga ukuran besar. Namun, tampaknya cuma mereka yang bermodal gede saja yg sanggup bertahan.
Dari kira-kira 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya berubah sekadar tinggal 44 saja pada 1929. Dari nominal itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, beserta Chrysler.
Pada era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda 4 enggak lagi merasa kesepian selagi berkendara seorang diri.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
Periode 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pusat buat menciptakan kendaraan yg bisa bermanfat di medan perang.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
Jeep militer thn 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg cuma tinggi meski kudu menjelajahi lokasi berkontur naik turun. Waktu ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali mampu mengembangkan globalisasi yang mereka dapatkan saat itu. Muncul mesin dgn digital injeksi pada Januari 1951.
Kendaraan kesatu yg menggunakan mesin injesi ini yakni Gutbrod Superior dengan Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua kendaraan ini formal dipasarkan ke publik serta mendapat sambutan semata-mata positif.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini ialah imbas dari kecemasan massa wkt itu terhadap nominal karbondioksida yang terus meningkat seperjalanan pertumbuhan jumlah kendaraan yang makin meningkat.
Namun, teknologi karya Eugene Houdry tersebut wkt itu masih sebatas uji coba & diterapkan utk mesin bahan bakar bensin. Tapi, buah pikiran ini dapat dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yang berkembang saat itu.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
Periode 1960
Historis kendaraan memasuki era yang extra maju. Kendaraan Roda 4 sudah lama kelamaan memasyarakat dengan patron yg ekstra compact dengan fungsional.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai design tak umum & ditahbiskan bagaikan mobil rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yg ialah mobil-mobil pionir dengan pola lebih simpel dan tidak besar.
Sejak saat itu, penghasil mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lebih simpel.
TOKO MINIATUR MOBIL SOLO
Periode 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dgn munculnya teknologi airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yg sanggup mendukung penumpang lepas dari cidera parah masa mengalami kecelakaan.
