
DIECAST MOBIL DI MALANG
Kendaraan Roda Empat udah berubah daerah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 sangat membantu mobilitas manusia saat memperbuat kesibukan sehari-hari.
Apalagi sekarang, model serta tipe kendaraan roda 4 sudah sangat beragam. Start dari family wagon alias masa ini lbh dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.
Mesin yang ditawarkan pun udah amat beragam. Serupa kelas 1.000-1.500 cc untuk mobil-mobil perkotaan. Atau kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yg banyak diperlukan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.
Namun kali ini kita enggak hendak membahas macam mobil yg ada masa ini. Kali kita mau menjelajahi historis mobil. Bagaimana metode & perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 hingga memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.
DIECAST MOBIL DI MALANG
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang sanggup membawa mereka ke tempat lain dengan extra muda, Leonardo da Vinci sudah menciptakan rancangan “mobil” pd 1478. Konsep ini belom menerapkan mesin serta masih berbentuk sket di atas kertas.
Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dibuat manusia. Memakekan mesin uap ini digunakan untuk mengakomodasi pergerakan keperluan militer Prancis pd 1870-an dlm membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini sama dgn kecepatan manusia waktu berjalan.
DIECAST MOBIL DI MALANG
Periode 1880
Penemuan mesin diesel pd 1882 menjadi babak bermakna dalam historis mobil. Tepatnya pada Januari 1882, tatkala sebuah mesin material bakar solar mulai diperkenalkan dengan sesudahnya banyak dipake masyakarat.
Masa nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul selaku tonggak karna sanggup membuat mesin yg extra efisien dlm pemakaian materi bakar. Mesin diesel terus dikembangan beserta masih konstan dipakai sebagai salah satu mesin mobil.
DIECAST MOBIL DI MALANG
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin materi bakar bensin. Menerapkan tiga roda selaku penggerak, kendaraan ini dibuat oleh mahir mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.
Tidak hendak kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah memperluas kendaraan roda 4 pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.
DIECAST MOBIL DI MALANG
Zaman 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk setengah lingaran saja. Bahkan ada yg menggunakan semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake dengan sebenarnya lbh menggampangkan pergerakan mobil.
DIECAST MOBIL DI MALANG
Kendaraan Roda 4 nomor satu Henry Ford
Kecepatan mobil pun udah mulai makin tinggi. Dapat sampai 15-20 km/jam. Sudah lebih cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yg kira-kira 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negeri bagian Alabama, Amerika Serikat, mengerem kecepatan tertinggi mobil wkt itu hyn dua belas km/jam.
Di era ini Ford mulai mengenalkan Design T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, cara pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Ialah Ferdinand Porsche yg menemukan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche saat menemukan mesin ini baru 18 tahun.
DIECAST MOBIL DI MALANG
Periode 1920
Di periode ini, mobil sudah mulai berubah area dari kehidupan manusia. Terlebih udah berubah industri yg terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yg terpaut mobil.
DIECAST MOBIL DI MALANG

Mobil Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat terlebih banyak bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda empat dari mulai skala kecil hingga size besar. Namun, tampaknya cuman mereka yang bermodal besar saja yg dapat bertahan.
Dari sekitar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjelma semata-mata tinggal 44 saja pada 1929. Dari jumlah itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, serta Chrysler.
Pada periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda 4 tak lagi merasa kesepian selagi berkendara seorang diri.
DIECAST MOBIL DI MALANG
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi pusat buat menciptakan kendaraan yang dpt bermanfat di medan perang.
DIECAST MOBIL DI MALANG
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yang hyn tinggi meski usah menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
DIECAST MOBIL DI MALANG
Era 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali dapat mengembangkan teknologi yang mereka dapatkan saat itu. Muncul mesin dengan modern injeksi pada Januari 1951.
Mobil nomor satu yang memakekan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior & Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 kendaraan roda empat ini sah dipasarkan ke publik dan mendapat sambutan hyn positif.
DIECAST MOBIL DI MALANG
Goliath GP 700 E
Awal 1956, globalisasi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yakni imbas dari kecemasan masyarakat waktu itu terhadap besaran karbondioksida yg terus meningkat bersamaan perkembangan besaran kendaraan yang semakin meningkat.
Namun, tekno karya Eugene Houdry tsb saat itu masih sebatas uji coba dan diterapkan bagi mesin material bakar bensin. Tapi, buah pikiran ini bisa dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yg berkembang wkt itu.
DIECAST MOBIL DI MALANG
Era 1960
Sejarah kendaraan roda empat memasuki zaman yang ekstra maju. Kendaraan Roda 4 sudah semakin memasyarakat dgn sketsa yg lbh compact dengan fungsional.
DIECAST MOBIL DI MALANG
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai model tidak standar beserta ditahbiskan selaku kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yang adalah mobil-mobil pionir dgn design ekstra simpel serta nggak besar.
Sejak waktu itu, penghasil kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lebih simpel.
DIECAST MOBIL DI MALANG
Zaman 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dgn munculnya modern airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang dapat menopang penumpang selamat dari cedera parah saat mengalami kecelakaan.
