DIECAST MOBIL FORTUNER

 DIECAST MOBIL FORTUNER

DIECAST MOBIL FORTUNER
Kendaraan Roda 4 udah berubah daerah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat amat menyokong mobilitas manusia masa mengerjakan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, tipe dan tipe kendaraan roda 4 udah sangat beragam. Start dari family wagon alias waktu ini ekstra dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun udah amat beragam. Seperti kelas 1.000-1.Lima Ratus cc untuk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yang byk dipakai oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita nggak akan membahas rupa mobil yang ada saat ini. Kali kita akan menjelajahi historis mobil. Bagaimana proses bersama perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 hingga memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL FORTUNER
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg bisa membawa mereka ke tempat lain dengan lebih muda, Leonardo da Vinci udah menciptakan ide “mobil” pada 1478. Sketsa ini belom menerapkan mesin & masih berwujud sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproduksi manusia. Memakaikan mesin uap ini dipegunakan untuk menolong pergerakan kebutuhan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya masa itu diyakini dengan dengan kecepatan manusia masa berjalan.

DIECAST MOBIL FORTUNER
Dekade 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 berubah babak krusial dlm historis mobil. Tepatnya pada Januari 1882, momen sebuah mesin berbahan dasar bakar solar mulai diperkenalkan dan lantas banyak diperlukan masyakarat.

Saat pertama dibuat, mesin diesel ini muncul selaku tonggak karena mampu membuat mesin yang lbh efisien dlm pemakaian bahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan beserta masih senantiasa dipegunakan sbg salah satu mesin mobil.

DIECAST MOBIL FORTUNER
Cikal bakal mobil 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin material bakar bensin. Menggunakan 3 roda bagaikan penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh jago mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Tak hendak kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mengembangkan kendaraan roda empat pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.

DIECAST MOBIL FORTUNER
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil efektif yang sudah dirancang mulai mendapatkan evolusi. Saat pertama diperkenalkan, mobil masa itu blm menggunakan stir bulat serupa yg kita kenal waktu ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk 1/2 lingaran saja. Sampai-Sampai ada yg memakaikan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan bersama ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai & kenyataannya lebih memudahkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL FORTUNER
Kendaraan Roda 4 kesatu Henry Ford
Kecepatan mobil pun udah mulai kian tinggi. Dapat mencapai 15-20 km/jam. Sudah lebih cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yg lebih kurang 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negara area Alabama, Amerika Serikat, membelenggu kecepatan mentok mobil saat itu cuman dua belas km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Tipe T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, prosedur pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yg mendapatkan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche waktu menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL FORTUNER
Era 1920
Di periode ini, kendaraan roda empat udah mulai menjelma lokasi dari kehidupan manusia. Bahkan sudah menjadi industri yang terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yg terikat mobil.

DIECAST MOBIL FORTUNER

 DIECAST MOBIL FORTUNER

Kendaraan Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat sampai-sampai banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan dari mulai ukuran kecil hingga skala besar. Namun, tampaknya hyn mereka yang bermodal gede saja yg bisa bertahan.

Dari lebih kurang 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi sekadar tinggal 44 saja pada 1929. Dari total itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, beserta Chrysler.

Pd era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda 4 nggak lagi merasa kesepian selagi berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL FORTUNER
Periode 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi sumber untuk menciptakan kendaraan yang dapat bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL FORTUNER
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 penemuan vital di periode ini yaitu kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas dipakai untuk medan perang yg mempunyai keadaan kapling nggak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yang hanya tinggi meski perlu menjelajahi area berkontur naik turun. Wkt ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL FORTUNER
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali bisa mengembangkan modern yg mereka miliki waktu itu. Muncul mesin dengan globalisasi injeksi pada Januari 1951.

Kendaraan Roda Empat pertama yg menggunakan mesin injesi ini yakni Gutbrod Superior bersama Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan ini formal dipasarkan ke massa dan mendapat sambutan hanya positif.

DIECAST MOBIL FORTUNER
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yaitu imbas dari kecemasan masyarakat wkt itu terhadap nominal karbondioksida yang terus meningkat berbarengan perkembangan besaran kendaraan yang makin meningkat.

Namun, digital karya Eugene Houdry tersebut waktu itu masih sebatas test coba beserta diterapkan buat mesin material bakar bensin. Tapi, ide ini bisa dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yg berkembang wkt itu.

DIECAST MOBIL FORTUNER
Dekade 1960
Historis kendaraan roda empat memasuki jaman yang lbh maju. Kendaraan sudah semakin memasyarakat dengan model yg ekstra compact beserta fungsional.

DIECAST MOBIL FORTUNER
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang punya desain enggak lumrah & ditahbiskan sbg mobil rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yg ialah mobil-mobil pionir dengan patron ekstra simpel bersama tak besar.

Sejak waktu itu, pembuat kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lebih simpel.

DIECAST MOBIL FORTUNER
Era 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dengan munculnya digital airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg dpt menolong penumpang lolos dari cidera parah wkt menjumpai kecelakaan.

 DIECAST MOBIL FORTUNER

DIECAST MOBIL FORTUNER

DIECAST MOBIL FORTUNER

LihatTutupKomentar