DIECAST MOBIL OFFROAD

 DIECAST MOBIL OFFROAD

DIECAST MOBIL OFFROAD
Kendaraan Roda Empat sudah menjelma daerah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil sangat menunjang mobilitas manusia saat melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, tipe dengan jenis kendaraan roda 4 udah amat beragam. Mulai dari family wagon dengan kata lain waktu ini lbh dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun sudah sangat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.500 cc untuk mobil-mobil perkotaan. Dengan Kata Lain kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yg banyak dipake oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tidak mau membahas macam kendaraan roda 4 yg ada masa ini. Kali kita akan menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana proses dan perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 hingga memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL OFFROAD
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg bisa membawa mereka ke tempat lain dengan lebih muda, Leonardo da Vinci udah menciptakan draf “mobil” pd 1478. Rancangan ini belom menggunakan mesin & masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dirancang manusia. Menggunakan mesin uap ini diperlukan untuk menopang pergerakan keperluan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia wkt berjalan.

DIECAST MOBIL OFFROAD
Periode 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjelma babak esensial dlm sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, pada waktu sebuah mesin materi bakar solar mulai diperkenalkan & lantas byk diperlukan masyakarat.

Saat nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul selaku tonggak sebab sanggup menghasilkan mesin yg lebih efisien dlm pemakaian materi bakar. Mesin diesel terus dikembangan bersama masih tetep dipake sebagai salah satu mesin mobil.

DIECAST MOBIL OFFROAD
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin material bakar bensin. Memakaikan 3 roda bagaikan penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh ulung mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Nggak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mengembangkan kendaraan roda 4 pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.

DIECAST MOBIL OFFROAD
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil efektif yang udah diproduksi mulai mendapatkan evolusi. Wkt pertama diperkenalkan, kendaraan roda empat masa itu belum memakaikan stir bulat semacam yg kita kenal waktu ini.

Sebelum 1900, stir mobil berbentuk setengah lingaran saja. Bahkan ada yg menggunakan semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan beserta ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai digunakan & emang ekstra menggampangkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL OFFROAD
Kendaraan Roda Empat kesatu Henry Ford
Kecepatan mobil pun udah mulai meningkat tinggi. Mampu sampai 15-20 km/jam. Udah extra cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yg kira-kira 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negara wilayah Alabama, Amerika Serikat, menyekat kecepatan tertinggi kendaraan roda 4 masa itu hanya dua belas km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Rupa T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, proses pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yg menemukan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche saat menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL OFFROAD
Zaman 1920
Di era ini, kendaraan roda 4 sudah mulai berubah wilayah dari kehidupan manusia. Malahan udah menjelma industri yg terus berkembang berbarengan munculnya penemuan-penemuan baru yang terikat mobil.

DIECAST MOBIL OFFROAD

 DIECAST MOBIL OFFROAD

Mobil Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih byk bermunculan industri yang menciptakan kendaraan dari mulai skala kecil sampai skala besar. Namun, tampaknya sekadar mereka yg bermodal besar saja yg bisa bertahan.

Dari kurang lebih 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjadi hanya tinggal 44 saja pada 1929. Dari nominal itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.

Pada dekade ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda empat enggak lagi merasa kesepian selagi berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL OFFROAD
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi sumber bakal menciptakan kendaraan yang dpt bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL OFFROAD
Jeep militer tahun 1940-an
Salah 1 inovasi sangat penting di era ini yakni kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas dipake untuk medan perang yg mempunyai kondisi kapling nggak rata.

Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yg cuma tinggi meski butuh menjelajahi area berkontur naik turun. Waktu ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL OFFROAD
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi sanggup mengembangkan globalisasi yg mereka dapatkan saat itu. Muncul mesin dengan tekno injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda 4 pertama yg menerapkan mesin injesi ini merupakan Gutbrod Superior bersama Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan roda empat ini sah dipasarkan ke rakyat dan mendapat sambutan hyn positif.

DIECAST MOBIL OFFROAD
Goliath GP 700 E
Awal 1956, digital baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan masyarakat waktu itu terhadap jumlah karbondioksida yang terus meningkat seiring pertumbuhan nominal kendaraan yang semakin meningkat.

Namun, modern karya Eugene Houdry tersebut saat itu masih sebatas uji coba & diterapkan untuk mesin bahan bakar bensin. Tapi, inspirasi ini sanggup dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding digital yg berkembang saat itu.

DIECAST MOBIL OFFROAD
Zaman 1960
Historis kendaraan roda empat memasuki zaman yang lbh maju. Mobil sudah makin lama memasyarakat dengan tipe yang lbh compact bersama fungsional.

DIECAST MOBIL OFFROAD
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai skema tak biasa serta ditahbiskan sebagai mobil rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, beserta Focus yang merupakan mobil-mobil pionir dengan model lbh simpel bersama enggak besar.

Sejak masa itu, produsen kendaraan roda 4 mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lbh simpel.

DIECAST MOBIL OFFROAD
Era 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dgn munculnya globalisasi airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang sanggup mengakomodasi penumpang terlepas dari terluka parah saat mengalami kecelakaan.

 DIECAST MOBIL OFFROAD

DIECAST MOBIL OFFROAD

DIECAST MOBIL OFFROAD

LihatTutupKomentar