
DIECAST MOBIL POLISI
Mobil udah menjelma area dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 amat menunjang mobilitas manusia waktu mengerjakan aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, jenis dan tipe kendaraan roda empat udah amat beragam. Mulai dari family wagon dgn kata lain sekarang lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yang ditawarkan pun udah sangat beragam. Semacam kelas 1.000-1.Lima Ratus cc bakal mobil-mobil perkotaan. Alias kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yg banyak dipegunakan oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.
Namun kali ini kita tak bakal membahas rupa kendaraan yg ada wkt ini. Kali kita bakal menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana teknik & perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 hingga memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.
DIECAST MOBIL POLISI
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg sanggup membawa mereka ke tempat lain dgn ekstra muda, Leonardo da Vinci sudah menciptakan konsep “mobil” pada 1478. Rencana ini belum memakekan mesin dengan masih berbentuk sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diciptakan manusia. Memakaikan mesin uap ini digunakan utk menunjang pergerakan kepentingan militer Prancis pd 1870-an dlm membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini dengan dengan kecepatan manusia masa berjalan.
DIECAST MOBIL POLISI
Era 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 menjadi babak berguna dalam sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, ketika sebuah mesin material bakar solar mulai diperkenalkan & lantas byk diperlukan masyakarat.
Wkt kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak krn mampu menciptakan mesin yang lebih efisien dlm pemakaian materi bakar. Mesin diesel terus dikembangan serta masih senantiasa dipegunakan sebagai salah satu mesin mobil.
DIECAST MOBIL POLISI
Cikal bakal mobil 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin berbahan bakar bensin. Menerapkan 3 roda sbg penggerak, kendaraan ini dirancang oleh kompeten mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.
Enggak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun mobil pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.
DIECAST MOBIL POLISI
Dekade 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk setengah lingaran saja. Malahan ada yang memakaikan semacam tongkat bagi menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan dengan kenyataannya ekstra memudahkan pergerakan mobil.
DIECAST MOBIL POLISI
Kendaraan Roda 4 nomor satu Henry Ford
Kecepatan mobil pun sudah mulai makin tinggi. Dapat mencapai 15-20 km/jam. Sudah ekstra cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yg kurang lebih 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negeri bagian Alabama, Amerika Serikat, membatasi kecepatan pol mobil wkt itu semata-mata 12 km/jam.
Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, operasi pembuatan mobil ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Yaitu Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche waktu menjumpai mesin ini baru 18 tahun.
DIECAST MOBIL POLISI
Zaman 1920
Di periode ini, kendaraan udah mulai menjelma bagian dari kehidupan manusia. Terlebih udah berubah industri yg terus berkembang bersamaan munculnya penemuan-penemuan baru yang terkait mobil.
DIECAST MOBIL POLISI

Kendaraan Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih byk bermunculan industri yg menciptakan kendaraan dari mulai ukuran kecil hingga ukuran besar. Namun, tampaknya hanya mereka yg bermodal besar saja yang sanggup bertahan.
Dari sekitar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi cuman tinggal 44 saja pada 1929. Dari besaran itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.
Pd periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda empat nggak lagi merasa kesepian tempo berkendara seorang diri.
DIECAST MOBIL POLISI
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, situasi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi fokus bagi menciptakan kendaraan yg bisa bermanfat di medan perang.
DIECAST MOBIL POLISI
Jeep militer thn 1940-an
Kendaraan militer ini punya kecepatan yang cuman tinggi meski harus menjelajahi bagian berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.
DIECAST MOBIL POLISI
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali mampu mengembangkan globalisasi yang mereka peroleh masa itu. Muncul mesin dgn modern injeksi pada Januari 1951.
Kendaraan kesatu yang memakekan mesin injesi ini yaitu Gutbrod Superior dengan Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan roda empat ini formal dipasarkan ke masyarakat beserta mendapat sambutan sekadar positif.
DIECAST MOBIL POLISI
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yakni imbas dari kecemasan masyarakat masa itu terhadap jumlah karbondioksida yg terus meningkat seiring perkembangan nominal kendaraan yang makin meningkat.
Namun, modern karya Eugene Houdry tersebut wkt itu masih sebatas test coba & diterapkan utk mesin materi bakar bensin. Tapi, inspirasi ini dapat dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding modern yg berkembang waktu itu.
DIECAST MOBIL POLISI
Dekade 1960
Historis kendaraan memasuki era yang lbh maju. Mobil udah semakin memasyarakat dengan jenis yg ekstra compact beserta fungsional.
DIECAST MOBIL POLISI
VW Beetle 1960
Hal ini nggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai rupa enggak jamak dengan ditahbiskan selaku mobil rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dengan Focus yang yakni mobil-mobil pionir dgn tipe lebih simpel & tidak besar.
Sejak saat itu, pembuat kendaraan roda 4 mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lbh simpel.
DIECAST MOBIL POLISI
Periode 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dgn munculnya digital airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yg dapat mendukung penumpang terlepas dari terluka parah masa menjumpai kecelakaan.
