DIECAST MOBIL SPORT

 DIECAST MOBIL SPORT

DIECAST MOBIL SPORT
Mobil sudah menjelma wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat amat menolong mobilitas manusia saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, jenis dan jenis kendaraan roda 4 sudah sangat beragam. Start dari family wagon dengan kata lain saat ini lbh dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah sangat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.Lima Ratus cc untuk mobil-mobil perkotaan. Alias kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yg banyak digunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita enggak hendak membahas variasi kendaraan yg ada saat ini. Kali kita bakal menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana prosedur & perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 sampai memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL SPORT
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg mampu membawa mereka ke wadah lain dgn extra muda, Leonardo da Vinci sudah menciptakan konsep “mobil” pd 1478. Sketsa ini blm memakaikan mesin bersama masih berupa sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diciptakan manusia. Memakekan mesin uap ini dipakai bagi menyokong pergerakan kebutuhan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini dengan dengan kecepatan manusia waktu berjalan.

DIECAST MOBIL SPORT
Dekade 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjadi babak berpengaruh dalam sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, selagi sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan & selanjutnya banyak digunakan masyakarat.

Wkt pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak karna bisa menciptakan mesin yg lebih efisien dalam penggunaan berbahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan beserta masih senantiasa dipegunakan sebagai salah satu mesin mobil.

DIECAST MOBIL SPORT
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin berbahan bakar bensin. Memakekan 3 roda sbg penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh profesional mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Enggak ingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah memperluas mobil pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.

DIECAST MOBIL SPORT
Dekade 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil efektif yg udah diproduksi mulai menerima evolusi. Masa kesatu diperkenalkan, kendaraan masa itu belom menerapkan stir bulat semacam yang kita kenal waktu ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk setengah lingaran saja. Malahan ada yang menggunakan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan beserta ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake dengan emang lbh memudahkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL SPORT
Kendaraan Roda Empat nomor satu Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun udah mulai makin tinggi. Bisa mencapai 15-20 km/jam. Sudah lebih cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yang berkisar 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negara bagian Alabama, Amerika Serikat, membatasi kecepatan setinggi-tingginya kendaraan roda empat waktu itu hyn 12 km/jam.

Di era ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, prosedur pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yg menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche wkt menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL SPORT
Periode 1920
Di era ini, kendaraan udah mulai menjelma daerah dari kehidupan manusia. Lebih-Lebih sudah menjadi industri yg terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yang tergantung mobil.

DIECAST MOBIL SPORT

 DIECAST MOBIL SPORT

Kendaraan Roda Empat Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat malahan banyak bermunculan industri yang menciptakan mobil dari mulai size kecil sampai size besar. Namun, tampaknya sekadar mereka yang bermodal gede saja yang sanggup bertahan.

Dari kurang lebih 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjadi sekadar tinggal 44 saja pada 1929. Dari jumlah itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dengan Chrysler.

Pd era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda 4 tak lagi merasa kesepian tatkala berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL SPORT
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pokok untuk menciptakan kendaraan yg dpt bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL SPORT
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 penemuan vital di era ini yaitu kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas digunakan untuk medan perang yg mempunyai status lahan nggak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yang hyn tinggi meski harus menjelajahi area berkontur naik turun. Wkt ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL SPORT
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi dpt mengembangkan modern yg mereka peroleh masa itu. Muncul mesin dengan teknologi injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda 4 kesatu yg menerapkan mesin injesi ini yakni Gutbrod Superior bersama Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua kendaraan roda empat ini resmi dipasarkan ke massa dan mendapat sambutan hanya positif.

DIECAST MOBIL SPORT
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini ialah imbas dari kecemasan masyarakat saat itu terhadap jumlah karbondioksida yg terus meningkat seiring perkembangan besaran kendaraan yg makin meningkat.

Namun, digital karya Eugene Houdry tersebut saat itu masih sebatas test coba & diterapkan utk mesin berbahan dasar bakar bensin. Tapi, buah pikiran ini sanggup dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding globalisasi yang berkembang saat itu.

DIECAST MOBIL SPORT
Era 1960
Historis kendaraan memasuki era yg ekstra maju. Kendaraan Roda Empat sudah semakin memasyarakat dengan konstruksi yg ekstra compact serta fungsional.

DIECAST MOBIL SPORT
VW Beetle 1960
Hal ini nggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai patron tak standar serta ditahbiskan sebagai kendaraan rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, & Focus yang ialah mobil-mobil pionir dengan konstruksi lbh simpel bersama nggak besar.

Sejak wkt itu, produsen kendaraan roda empat mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lbh simpel.

DIECAST MOBIL SPORT
Dekade 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dengan munculnya tekno airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yg dapat menyokong penumpang lolos dari cidera parah saat menemukan kecelakaan.

 DIECAST MOBIL SPORT

DIECAST MOBIL SPORT

DIECAST MOBIL SPORT

LihatTutupKomentar