MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR

 MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
Mobil udah berubah wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil amat membantu mobilitas manusia waktu menjalani aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, desain & tipe mobil sudah sangat beragam. Mulai dari family wagon alias waktu ini lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah amat beragam. Semacam kelas 1.000-1.Lima Ratus cc bagi mobil-mobil perkotaan. Alias kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yg banyak diperlukan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita enggak bakal membahas rupa kendaraan roda 4 yang ada wkt ini. Kali kita mau menjelajahi historis mobil. Bagaimana prosedur serta perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 sampai memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg bisa membawa mereka ke ruang lain dengan lbh muda, Leonardo da Vinci sudah membuat ide “mobil” pada 1478. Rencana ini belom menggunakan mesin serta masih berwujud sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dikerjakan manusia. Memakaikan mesin uap ini diperlukan buat menunjang pergerakan kepentingan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini sama dengan kecepatan manusia masa berjalan.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
Zaman 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 menjadi babak substansial dlm historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, tempo sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan dan lantas banyak dipegunakan masyakarat.

Wkt pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak sebab bisa menciptakan mesin yang extra efisien dlm pendayagunaan berbahan dasar bakar. Mesin diesel terus dikembangan & masih tetep dipakai sebagai salah 1 mesin mobil.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan dasar bakar bensin. Memakekan tiga roda sbg penggerak, kendaraan ini dibuat oleh ulung mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Enggak hendak kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah ekspansi kendaraan roda 4 pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
Dekade 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil efektif yg sudah dirancang mulai mengalami evolusi. Saat nomor satu diperkenalkan, kendaraan roda 4 masa itu belum memakekan stir bulat sebagaimana yg kita kenal waktu ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk setengah lingaran saja. Terlebih ada yg menggunakan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan bersama ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake dan benar-benar ekstra menggampangkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
Kendaraan kesatu Henry Ford
Kecepatan mobil pun sudah mulai meningkat tinggi. Dpt menggapai 15-20 km/jam. Sudah extra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang berkisar 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negeri bagian Alabama, Amerika Serikat, mematok kecepatan mentok mobil waktu itu hanya 12 km/jam.

Di era ini Ford mulai mengenalkan Tipe T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, sistem pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yang menjumpai mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche waktu menemukan mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
Zaman 1920
Di dekade ini, kendaraan roda 4 sudah mulai menjadi bagian dari kehidupan manusia. Sampai-Sampai sudah menjelma industri yang terus berkembang berbarengan munculnya penemuan-penemuan baru yang terkait mobil.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR

 MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR

Mobil Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat bahkan byk bermunculan industri yg menciptakan kendaraan dari mulai size kecil sampai size besar. Namun, tampaknya cukup mereka yang bermodal gede saja yg dapat bertahan.

Dari sekitar 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjadi sekadar tinggal 44 saja pada 1929. Dari total itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, serta Chrysler.

Pada dekade ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda empat tidak lagi merasa kesepian tempo berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi pusat buat menciptakan kendaraan yg dpt bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
Jeep militer tahun 1940-an
Salah 1 inovasi sangat penting di zaman ini ialah kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas digunakan utk medan perang yang memiliki kondisi lahan tidak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg hanya tinggi meski perlu menjelajahi area berkontur naik turun. Wkt ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi dapat mengembangkan teknologi yang mereka miliki waktu itu. Muncul mesin dengan tekno injeksi pada Januari 1951.

Kendaraan Roda 4 pertama yang menggunakan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior bersama Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan roda empat ini resmi dipasarkan ke rakyat dengan mendapat sambutan sekadar positif.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yakni imbas dari kecemasan rakyat wkt itu terhadap total karbondioksida yang terus meningkat bertepatan perkembangan nominal kendaraan yang makin meningkat.

Namun, globalisasi karya Eugene Houdry tsb saat itu masih sebatas uji coba coba beserta diterapkan utk mesin material bakar bensin. Tapi, ide ini dpt dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding globalisasi yg berkembang masa itu.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
Dekade 1960
Historis kendaraan roda empat memasuki zaman yang lbh maju. Kendaraan Roda Empat sudah semakin memasyarakat dgn pola yang extra compact dan fungsional.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang memiliki jenis enggak standar dan ditahbiskan bagaikan mobil rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, & Focus yang yaitu mobil-mobil pionir dgn design ekstra simpel dengan enggak besar.

Sejak waktu itu, produsen mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lbh simpel.

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR
Era 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dengan munculnya modern airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang mampu mengakomodasi penumpang lepas dari cedera parah masa menerima kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR

MINIATUR MOBIL PAJERO SPORT DAKAR

LihatTutupKomentar