
DIECAST MOBIL SPORT
Kendaraan Roda 4 sudah menjelma daerah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan sangat mengakomodasi mobilitas manusia saat menjalankan kesibukan sehari-hari.
Apalagi sekarang, rupa beserta jenis kendaraan sudah amat beragam. Start dari family wagon atau saat ini lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun sudah amat beragam. Serupa kelas 1.000-1.Lima Ratus cc untuk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain mobil bermesin di atas 2.000 cc yg byk digunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.
Namun kali ini kita tidak mau membahas variasi mobil yang ada masa ini. Kali kita hendak menjelajahi historis mobil. Bagaimana cara dan perkembangan mobil dari abad 19 sampai memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.
DIECAST MOBIL SPORT
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg mampu membawa mereka ke tempat lain dengan ekstra muda, Leonardo da Vinci sudah membuat rancangan “mobil” pd 1478. Sketsa ini belum menggunakan mesin & masih berupa sket di atas kertas.
Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diurus manusia. Memakaikan mesin uap ini dipake untuk menyokong pergerakan kepentingan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia masa berjalan.
DIECAST MOBIL SPORT
Dekade 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 menjelma babak esensial dalam sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, ketika sebuah mesin materi bakar solar mulai diperkenalkan dengan sesudahnya banyak dipegunakan masyakarat.
Waktu nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak krn dapat membuat mesin yang extra efisien dlm pendayagunaan berbahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan & masih konstan dipegunakan sbg salah satu mesin mobil.
DIECAST MOBIL SPORT
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin materi bakar bensin. Menggunakan 3 roda sebagai penggerak, kendaraan ini dirancang oleh jago mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.
Tidak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun kendaraan roda empat pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.
DIECAST MOBIL SPORT
Periode 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk setengah lingaran saja. Sampai-Sampai ada yg memakaikan semacam tongkat utk menggerakan roda depan ke kanan & ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai digunakan & kenyataannya ekstra menggampangkan pergerakan mobil.
DIECAST MOBIL SPORT
Mobil nomor satu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda 4 pun udah mulai kian tinggi. Bisa sampai 15-20 km/jam. Sudah extra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang sekitar 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negara lokasi Alabama, Amerika Serikat, mengerem kecepatan pol kendaraan roda 4 saat itu cukup dua belas km/jam.
Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Desain T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, teknik pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Ialah Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche masa mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.
DIECAST MOBIL SPORT
Zaman 1920
Di era ini, mobil udah mulai menjelma wilayah dari kehidupan manusia. Bahkan sudah berubah industri yang terus berkembang berbarengan munculnya penemuan-penemuan baru yg terpaut mobil.
DIECAST MOBIL SPORT

Kendaraan Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat malahan byk bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai ukuran kecil sampai skala besar. Namun, tampaknya cuma mereka yang bermodal besar saja yang dapat bertahan.
Dari kira-kira 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjelma hanya tinggal 44 saja pd 1929. Dari nominal itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, bersama Chrysler.
Pd dekade ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner mobil tidak lagi merasa kesepian tatkala berkendara seorang diri.
DIECAST MOBIL SPORT
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pokok bagi menciptakan kendaraan yg dapat bermanfat di medan perang.
DIECAST MOBIL SPORT
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yang hanya tinggi meski wajib menjelajahi lokasi berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.
DIECAST MOBIL SPORT
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi bisa mengembangkan modern yang mereka punyai wkt itu. Muncul mesin dgn globalisasi injeksi pd Januari 1951.
Kendaraan pertama yang memakekan mesin injesi ini yakni Gutbrod Superior bersama Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 kendaraan roda 4 ini formal dipasarkan ke massa & mendapat sambutan semata-mata positif.
DIECAST MOBIL SPORT
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini adalah imbas dari kecemasan publik waktu itu terhadap jumlah karbondioksida yang terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah kendaraan yang semakin meningkat.
Namun, teknologi karya Eugene Houdry tersebut wkt itu masih sebatas uji coba coba dengan diterapkan bagi mesin bahan bakar bensin. Tapi, ilham ini mampu dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding digital yang berkembang masa itu.
DIECAST MOBIL SPORT
Era 1960
Historis mobil memasuki era yang extra maju. Kendaraan Roda Empat udah lama kelamaan memasyarakat dengan rancang yang ekstra compact bersama fungsional.
DIECAST MOBIL SPORT
VW Beetle 1960
Hal ini tak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai design tidak regular & ditahbiskan sbg kendaraan roda empat rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, & Focus yg adalah mobil-mobil pionir dgn sketsa lebih simpel dan nggak besar.
Sejak saat itu, pembuat kendaraan roda empat mulai berlomba menciptakan kendaraan yg ekstra simpel.
DIECAST MOBIL SPORT
Periode 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dengan munculnya teknologi airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg dpt mengakomodasi penumpang luput dari cidera parah waktu menemukan kecelakaan.
