MINIATUR MOBIL FERRARI

 MINIATUR MOBIL FERRARI

MINIATUR MOBIL FERRARI
Kendaraan Roda 4 udah menjelma wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 sangat menunjang mobilitas manusia wkt melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, desain & tipe kendaraan roda 4 sudah sangat beragam. Mulai dari family wagon atau waktu ini ekstra dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun udah amat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.500 cc buat mobil-mobil perkotaan. Dengan Kata Lain mobil bermesin di atas 2.000 cc yg byk diperlukan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita nggak akan membahas ragam kendaraan roda empat yang ada waktu ini. Kali kita mau menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana sistem dan perkembangan mobil dari abad 19 sampai memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL FERRARI
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang bisa membawa mereka ke wadah lain dgn lbh muda, Leonardo da Vinci sudah menghasilkan ide “mobil” pd 1478. Rancangan ini belum menerapkan mesin dan masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dirancang manusia. Menerapkan mesin uap ini diperlukan untuk menyokong pergerakan kebutuhan militer Prancis pd 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya masa itu diyakini dengan dengan kecepatan manusia wkt berjalan.

MINIATUR MOBIL FERRARI
Periode 1880
Inovasi mesin diesel pada 1882 menjelma babak signifikan dalam historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, tatkala sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan dengan setelah itu banyak dipake masyakarat.

Masa pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sebagai tonggak sebab mampu membuat mesin yg lebih efisien dlm pemakaian bahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan beserta masih kukuh dipakai bagaikan salah 1 mesin mobil.

MINIATUR MOBIL FERRARI
Cikal bakal mobil 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin bahan bakar bensin. Menggunakan tiga roda sbg penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh handal mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Nggak ingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah mengembangkan kendaraan roda empat pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

MINIATUR MOBIL FERRARI
Dekade 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil nggak ribet yg udah diproduksi mulai memperoleh evolusi. Wkt nomor satu diperkenalkan, kendaraan roda empat masa itu belum memakaikan stir bulat seperti yg kita kenal waktu ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk setengah lingaran saja. Malahan ada yg menerapkan semacam tongkat utk menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan dengan benar-benar lebih memudahkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL FERRARI
Kendaraan Roda Empat kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun udah mulai bertambah tinggi. Mampu mencapai 15-20 km/jam. Sudah ekstra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yg kurang lebih 6 km/jam. Krn itulah pemerintah negara daerah Alabama, Amerika Serikat, membendung kecepatan tertinggi mobil wkt itu semata-mata dua belas km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Desain T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, prosedur pembuatan mobil ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Ialah Ferdinand Porsche yg menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche wkt mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL FERRARI
Zaman 1920
Di zaman ini, mobil sudah mulai berubah wilayah dari kehidupan manusia. Terlebih udah berubah industri yang terus berkembang bertepatan munculnya penemuan-penemuan baru yang terkait mobil.

MINIATUR MOBIL FERRARI

 MINIATUR MOBIL FERRARI

Kendaraan Roda 4 Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat malahan banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai skala kecil hingga skala besar. Namun, tampaknya cuma mereka yg bermodal besar saja yg mampu bertahan.

Dari lebih kurang 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya berubah cuma tinggal 44 saja pd 1929. Dari total itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, beserta Chrysler.

Pada periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda empat nggak lagi merasa kesepian momen berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL FERRARI
Periode 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pangkal bagi menciptakan kendaraan yg sanggup bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL FERRARI
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 inovasi terutama di era ini merupakan kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas dipegunakan buat medan perang yg mempunyai status tanah enggak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg cukup tinggi meski perlu menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL FERRARI
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi dapat mengembangkan teknologi yg mereka punyai waktu itu. Muncul mesin dgn digital injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda 4 pertama yang memakaikan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior bersama Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan ini resmi dipasarkan ke masyarakat dan mendapat sambutan hyn positif.

MINIATUR MOBIL FERRARI
Goliath GP 700 E
Awal 1956, globalisasi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini adalah imbas dari kecemasan rakyat masa itu terhadap besaran karbondioksida yang terus meningkat seperjalanan perkembangan jumlah kendaraan yang semakin meningkat.

Namun, teknologi karya Eugene Houdry tsb saat itu masih sebatas test coba bersama diterapkan utk mesin material bakar bensin. Tapi, ide ini sanggup dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yg berkembang saat itu.

MINIATUR MOBIL FERRARI
Dekade 1960
Sejarah kendaraan memasuki era yang lebih maju. Kendaraan Roda 4 udah semakin memasyarakat dgn model yg extra compact & fungsional.

MINIATUR MOBIL FERRARI
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai reka bentuk tidak lazim serta ditahbiskan sebagai mobil rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, beserta Focus yg ialah mobil-mobil pionir dengan patron ekstra simpel dan nggak besar.

Sejak masa itu, pabrik mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yg extra simpel.

MINIATUR MOBIL FERRARI
Era 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dgn munculnya teknologi airbag pd 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang bisa mengakomodasi penumpang luput dari luka parah waktu mendapatkan kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL FERRARI

MINIATUR MOBIL FERRARI

MINIATUR MOBIL FERRARI

LihatTutupKomentar