
MINIATUR MOBIL ANTIK
Mobil udah menjelma bagian dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan sangat mengakomodasi mobilitas manusia wkt menjalankan aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, model dengan tipe kendaraan roda 4 sudah sangat beragam. Start dari family wagon dgn kata lain saat ini lbh dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.
Mesin yang ditawarkan pun udah amat beragam. Seperti kelas 1.000-1.500 cc utk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan bermesin di atas 2.000 cc yg byk dipake oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.
Namun kali ini kita enggak bakal membahas macam kendaraan yang ada wkt ini. Kali kita hendak menjelajahi historis mobil. Bagaimana cara dengan perkembangan kendaraan dari abad 19 sampai memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.
MINIATUR MOBIL ANTIK
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang mampu membawa mereka ke wadah lain dengan ekstra muda, Leonardo da Vinci udah menciptakan konsep “mobil” pada 1478. Sketsa ini belom menerapkan mesin bersama masih bercorak sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dikerjakan manusia. Memakaikan mesin uap ini dipakai buat menolong pergerakan keinginan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini sama dengan kecepatan manusia wkt berjalan.
MINIATUR MOBIL ANTIK
Era 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 berubah babak krusial dalam historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, ketika sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan bersama lantas banyak dipegunakan masyakarat.
Waktu pertama dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak sebab mampu membuat mesin yg lbh efisien dalam penerapan berbahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan serta masih selalu dipake bagaikan salah 1 mesin mobil.
MINIATUR MOBIL ANTIK
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin material bakar bensin. Memakaikan 3 roda sbg penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh ahli mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.
Tidak kepingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mengembangkan kendaraan roda 4 pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.
MINIATUR MOBIL ANTIK
Era 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk 1/2 lingaran saja. Sampai-Sampai ada yg menggunakan semacam tongkat utk menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan beserta sebenarnya lbh memudahkan pergerakan mobil.
MINIATUR MOBIL ANTIK
Kendaraan Roda 4 pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun udah mulai kian tinggi. Bisa mencapai 15-20 km/jam. Sudah extra cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yg kurang lebih 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negeri area Alabama, Amerika Serikat, mengekang kecepatan maksimum kendaraan masa itu hanya dua belas km/jam.
Di era ini Ford mulai mengenalkan Rupa T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, cara pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.
Pd 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yg mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche saat menjumpai mesin ini baru 18 tahun.
MINIATUR MOBIL ANTIK
Zaman 1920
Di periode ini, kendaraan roda 4 sudah mulai menjadi wilayah dari kehidupan manusia. Malahan udah menjelma industri yg terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yang terikat mobil.
MINIATUR MOBIL ANTIK

Mobil Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat bahkan banyak bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda empat dari mulai ukuran kecil hingga ukuran besar. Namun, tampaknya hyn mereka yang bermodal gede saja yang dapat bertahan.
Dari berkisar 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya berubah semata-mata tinggal 44 saja pada 1929. Dari jumlah itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.
Pada dekade ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan tidak lagi merasa kesepian tempo berkendara seorang diri.
MINIATUR MOBIL ANTIK
Periode 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pusat bakal menciptakan kendaraan yg bisa bermanfat di medan perang.
MINIATUR MOBIL ANTIK
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg hyn tinggi meski wajib menjelajahi area berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
MINIATUR MOBIL ANTIK
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali sanggup mengembangkan digital yang mereka peroleh waktu itu. Muncul mesin dengan digital injeksi pd Januari 1951.
Kendaraan Roda Empat nomor satu yang menggunakan mesin injesi ini merupakan Gutbrod Superior beserta Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 kendaraan roda empat ini sah dipasarkan ke massa serta mendapat sambutan cuma positif.
MINIATUR MOBIL ANTIK
Goliath GP 700 E
Awal 1956, digital baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan rakyat waktu itu terhadap besaran karbondioksida yang terus meningkat bersamaan perkembangan jumlah kendaraan yang makin meningkat.
Namun, modern karya Eugene Houdry tsb wkt itu masih sebatas test coba serta diterapkan buat mesin material bakar bensin. Tapi, gagasan ini dpt dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding teknologi yang berkembang wkt itu.
MINIATUR MOBIL ANTIK
Era 1960
Sejarah kendaraan roda 4 memasuki zaman yang lbh maju. Kendaraan Roda Empat udah lama kelamaan memasyarakat dgn rancang yg ekstra compact & fungsional.
MINIATUR MOBIL ANTIK
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg memiliki rupa enggak jamak & ditahbiskan selaku kendaraan rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yg yaitu mobil-mobil pionir dgn design lebih simpel serta tidak besar.
Sejak masa itu, produsen mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yang ekstra simpel.
MINIATUR MOBIL ANTIK
Periode 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dgn munculnya modern airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg mampu membantu penumpang terhindar dari cedra parah masa mengalami kecelakaan.
