MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

 MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Mobil sudah menjelma area dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan sangat mengakomodasi mobilitas manusia wkt menjalankan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, rupa bersama tipe kendaraan roda 4 udah sangat beragam. Start dari family wagon dengan kata lain kini lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun sudah amat beragam. Seperti kelas 1.000-1.500 cc utk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain mobil bermesin di atas 2.000 cc yang byk dipake oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tak mau membahas macam kendaraan yg ada saat ini. Kali kita mau menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana proses bersama perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 sampai memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg mampu membawa mereka ke wadah lain dgn extra muda, Leonardo da Vinci udah membuat tema “mobil” pada 1478. Konsep ini blm menggunakan mesin dengan masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dirancang manusia. Menggunakan mesin uap ini diperlukan bagi menopang pergerakan kebutuhan militer Prancis pd 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini sama dengan kecepatan manusia wkt berjalan.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Periode 1880
Inovasi mesin diesel pada 1882 menjadi babak berpengaruh dalam sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, selagi sebuah mesin materi bakar solar mulai diperkenalkan beserta selanjutnya byk dipegunakan masyakarat.

Waktu pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sebagai tonggak karna sanggup membuat mesin yang extra efisien dlm pendayagunaan berbahan dasar bakar. Mesin diesel terus dikembangan bersama masih konsisten diperlukan sbg salah 1 mesin mobil.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Cikal bakal kendaraan 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin bahan bakar bensin. Memakekan tiga roda bagaikan penggerak, kendaraan ini dirancang oleh mahir mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Tidak ingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mendirikan kendaraan roda 4 pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Dekade 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil sederhana yg udah diproduksi mulai memperoleh evolusi. Wkt kesatu diperkenalkan, mobil waktu itu blm menerapkan stir bulat sebagaimana yg kita kenal wkt ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk setengah lingaran saja. Terlebih ada yang menggunakan semacam tongkat bagi menggerakan roda depan ke kanan & ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan dan benar-benar lebih memudahkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Kendaraan pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun sudah mulai makin tinggi. Mampu mencapai 15-20 km/jam. Sudah lbh cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yang kurang lebih 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negara lokasi Alabama, Amerika Serikat, mematok kecepatan setinggi-tingginya kendaraan roda 4 waktu itu cuman dua belas km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Tipe T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, operasi pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Ialah Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche waktu menemukan mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Dekade 1920
Di era ini, kendaraan roda 4 sudah mulai menjelma bagian dari kehidupan manusia. Terlebih sudah menjadi industri yg terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yang terikat mobil.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

 MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

Mobil Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih byk bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai size kecil sampai ukuran besar. Namun, tampaknya semata-mata mereka yg bermodal besar saja yang dapat bertahan.

Dari sekitar 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjelma hanya tinggal 44 saja pada 1929. Dari besaran itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, & Chrysler.

Pd periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan tak lagi merasa kesepian tatkala berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi pusat utk menciptakan kendaraan yg dapat bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 inovasi sangat penting di periode ini yaitu kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas diperlukan buat medan perang yang punya situasi kapling tak rata.

Kendaraan militer ini punya kecepatan yang hyn tinggi meski kudu menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali sanggup mengembangkan modern yang mereka punyai waktu itu. Muncul mesin dgn globalisasi injeksi pada Januari 1951.

Kendaraan nomor satu yg menggunakan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior serta Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan ini sah dipasarkan ke publik & mendapat sambutan cuman positif.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Goliath GP 700 E
Awal 1956, globalisasi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan massa waktu itu terhadap total karbondioksida yang terus meningkat berbarengan perkembangan nominal kendaraan yg makin meningkat.

Namun, tekno karya Eugene Houdry tsb saat itu masih sebatas percobaan coba dengan diterapkan bakal mesin berbahan dasar bakar bensin. Tapi, gagasan ini sanggup dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yang berkembang wkt itu.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Periode 1960
Sejarah mobil memasuki era yang extra maju. Kendaraan udah semakin memasyarakat dengan tipe yang ekstra compact dan fungsional.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
VW Beetle 1960
Hal ini tak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg punya pola tidak standar dengan ditahbiskan sbg kendaraan rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dengan Focus yang ialah mobil-mobil pionir dgn design lbh simpel dengan tak besar.

Sejak wkt itu, penghasil kendaraan roda empat mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lebih simpel.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Periode 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dgn munculnya tekno airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang bisa mengakomodasi penumpang terhindar dari cidera parah saat mendapatkan kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

LihatTutupKomentar