MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

 MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Kendaraan Roda 4 udah berubah daerah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil sangat menunjang mobilitas manusia saat melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, desain dengan jenis mobil sudah amat beragam. Start dari family wagon atau saat ini ekstra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah amat beragam. Semacam kelas 1.000-1.Lima Ratus cc bakal mobil-mobil perkotaan. Alias mobil bermesin di atas 2.000 cc yg banyak dipake oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tak bakal membahas rupa kendaraan roda 4 yang ada wkt ini. Kali kita bakal menjelajahi historis mobil. Bagaimana operasi dengan perkembangan kendaraan dari abad 19 sampai memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dpt membawa mereka ke wadah lain dgn extra muda, Leonardo da Vinci sudah menciptakan ide “mobil” pada 1478. Konsepsi ini belom memakaikan mesin beserta masih berwujud sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diurus manusia. Menggunakan mesin uap ini dipakai untuk menopang pergerakan kebutuhan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini sama dengan kecepatan manusia saat berjalan.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Zaman 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjadi babak signifikan dalam historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, momen sebuah mesin berbahan dasar bakar solar mulai diperkenalkan & selanjutnya banyak digunakan masyakarat.

Wkt kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul selaku tonggak karena dapat menciptakan mesin yg lebih efisien dlm pemakaian material bakar. Mesin diesel terus dikembangan serta masih konstan dipake selaku salah 1 mesin mobil.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin material bakar bensin. Menggunakan 3 roda sbg penggerak, kendaraan ini dirancang oleh kompeten mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Enggak ingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah mendirikan kendaraan pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil simple yg sudah diproduksi mulai menemukan evolusi. Saat kesatu diperkenalkan, mobil saat itu blm memakaikan stir bulat semacam yang kita kenal wkt ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan berbentuk setengah lingaran saja. Sampai-Sampai ada yg menggunakan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan dan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake serta sebenarnya lbh memudahkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Kendaraan Roda 4 pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun sudah mulai kian tinggi. Dapat menggapai 15-20 km/jam. Udah ekstra cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yang kurang lebih 6 km/jam. Krn itulah pemerintah negeri area Alabama, Amerika Serikat, membatasi kecepatan pol mobil masa itu hyn 12 km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Model T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, metode pembuatan kendaraan roda empat ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Merupakan Ferdinand Porsche yg menjumpai mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche masa menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Era 1920
Di dekade ini, kendaraan roda empat udah mulai berubah bagian dari kehidupan manusia. Sampai-Sampai udah berubah industri yg terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yang tergantung mobil.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

 MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

Kendaraan Roda 4 Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat terlebih banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan dari mulai skala kecil sampai ukuran besar. Namun, tampaknya cuma mereka yang bermodal gede saja yang mampu bertahan.

Dari kira-kira 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjelma hyn tinggal 44 saja pd 1929. Dari total itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, bersama Chrysler.

Pd zaman ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan tak lagi merasa kesepian ketika berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pokok buat menciptakan kendaraan yg mampu bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Jeep militer thn 1940-an
Salah satu penemuan terpenting di era ini adalah kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas diperlukan buat medan perang yg punya keadaan lahan enggak rata.

Kendaraan militer ini punya kecepatan yg cuman tinggi meski perlu menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Wkt ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali bisa mengembangkan teknologi yang mereka punyai wkt itu. Muncul mesin dengan digital injeksi pada Januari 1951.

Mobil pertama yg menerapkan mesin injesi ini merupakan Gutbrod Superior dengan Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua mobil ini sah dipasarkan ke publik dengan mendapat sambutan hanya positif.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan massa wkt itu terhadap besaran karbondioksida yg terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah kendaraan yg makin meningkat.

Namun, modern karya Eugene Houdry tersebut saat itu masih sebatas uji coba coba & diterapkan buat mesin berbahan bakar bensin. Tapi, ide ini dapat dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yg berkembang masa itu.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Periode 1960
Sejarah mobil memasuki zaman yg lbh maju. Kendaraan udah semakin memasyarakat dengan desain yg extra compact dan fungsional.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang punya rupa enggak standar dan ditahbiskan sebagai mobil rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yang yaitu mobil-mobil pionir dgn skema ekstra simpel dan nggak besar.

Sejak waktu itu, pembuat mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lebih simpel.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Periode 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dgn munculnya globalisasi airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yg bisa menunjang penumpang selamat dari cedera parah saat menemukan kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

LihatTutupKomentar