
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
Kendaraan Roda Empat sudah menjadi lokasi dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat sangat menyokong mobilitas manusia waktu memperbuat aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, desain dan jenis kendaraan sudah sangat beragam. Start dari family wagon dengan kata lain saat ini lebih dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun sudah sangat beragam. Seperti kelas 1.000-1.500 cc utk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan bermesin di atas 2.000 cc yang byk dipakai oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.
Namun kali ini kita nggak hendak membahas macam mobil yg ada waktu ini. Kali kita mau menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana operasi dengan perkembangan kendaraan dari abad 19 sampai memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg mampu membawa mereka ke ruang lain dengan extra muda, Leonardo da Vinci udah menghasilkan rencana “mobil” pd 1478. Sketsa ini blm menggunakan mesin & masih berbentuk sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproduksi manusia. Menerapkan mesin uap ini diperlukan buat mendukung pergerakan kebutuhan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini dengan dengan kecepatan manusia masa berjalan.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
Periode 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjelma babak berpengaruh dlm sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, tatkala sebuah mesin materi bakar solar mulai diperkenalkan bersama lantas banyak dipake masyakarat.
Saat pertama dibuat, mesin diesel ini muncul selaku tonggak sebab mampu menghasilkan mesin yg lebih efisien dlm penerapan bahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan & masih senantiasa dipakai sbg salah 1 mesin mobil.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
Cikal bakal kendaraan 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin materi bakar bensin. Menerapkan 3 roda sbg penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh mumpuni mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.
Tidak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun kendaraan roda empat pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
Era 1900
Sebelum 1900, stir mobil berbentuk setengah lingaran saja. Lebih-Lebih ada yang memakekan semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake bersama sebenarnya lebih menggampangkan pergerakan mobil.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
Kendaraan kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun sudah mulai makin tinggi. Dapat menggapai 15-20 km/jam. Sudah lbh cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yg lebih kurang 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negara bagian Alabama, Amerika Serikat, memagari kecepatan mentok kendaraan roda empat waktu itu sekadar dua belas km/jam.
Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Desain T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, prosedur pembuatan mobil ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.
Pd 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Merupakan Ferdinand Porsche yang menjumpai mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche saat menjumpai mesin ini baru 18 tahun.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
Dekade 1920
Di periode ini, kendaraan roda empat sudah mulai menjadi bagian dari kehidupan manusia. Sampai-Sampai sudah menjelma industri yg terus berkembang bertepatan munculnya penemuan-penemuan baru yang terikat mobil.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL

Kendaraan Roda Empat Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat sampai-sampai banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai size kecil hingga size besar. Namun, tampaknya semata-mata mereka yg bermodal gede saja yg mampu bertahan.
Dari lebih kurang 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjelma sekadar tinggal 44 saja pada 1929. Dari besaran itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dengan Chrysler.
Pada periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner mobil tak lagi merasa kesepian tempo berkendara seorang diri.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, situasi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi pokok buat menciptakan kendaraan yg dpt bermanfat di medan perang.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
Jeep militer thn 1940-an
Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yang sekadar tinggi meski butuh menjelajahi area berkontur naik turun. Waktu ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi mampu mengembangkan modern yg mereka peroleh wkt itu. Muncul mesin dengan tekno injeksi pada Januari 1951.
Mobil kesatu yg memakaikan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior beserta Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 mobil ini formal dipasarkan ke rakyat & mendapat sambutan cukup positif.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini adalah imbas dari kecemasan publik wkt itu terhadap jumlah karbondioksida yg terus meningkat berbarengan perkembangan total kendaraan yang makin meningkat.
Namun, globalisasi karya Eugene Houdry tsb waktu itu masih sebatas test coba bersama diterapkan bakal mesin material bakar bensin. Tapi, gagasan ini sanggup dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding globalisasi yang berkembang saat itu.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
Periode 1960
Sejarah mobil memasuki jaman yang lbh maju. Kendaraan Roda 4 udah lama kelamaan memasyarakat dgn model yg lebih compact dengan fungsional.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
VW Beetle 1960
Hal ini tak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai tipe tidak umum serta ditahbiskan sebagai kendaraan roda empat rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yang ialah mobil-mobil pionir dgn patron lebih simpel bersama tak besar.
Sejak masa itu, pembuat kendaraan roda 4 mulai berlomba menciptakan kendaraan yg ekstra simpel.
MINIATUR MOBIL ORIGINAL
Zaman 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dgn munculnya teknologi airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang sanggup menyokong penumpang lepas dari terluka parah wkt menerima kecelakaan.
