
MINIATUR MOBIL SEDAN Boven Digoel
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik yaitu penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi mobil listrik sedianya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda empat listrik nomor satu yang diciptakan pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Akan namun pd saat itu kendaraan roda empat listrik ini cukup dilengkapi dengan baterai yg nggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yg dapat diisi ulang, yg mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dalam perkembangan modern kendaraan listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yang dilengkapi dgn batere yang mampu menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mempromosikan kepada dunia sains pd waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani percobaan coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda serta juga perahu sesudah itu barulah pd 31 hari November 1818 pd kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL SEDAN Boven Digoel
Sebagian bulanan berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton serta John Perry menginformasikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakekan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang lokasi kanan dan dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh kira-kira 40 kilometer.
Berkat sebagian inovasi utama itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai berubah bagian dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pd thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan listrik pabrikan untuk kesatu kalinya. Ia sebetulnya yakni penemu yang bekerja pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menciptakan lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru dengan cara formal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mengiklankan kendaraan ciptaannya pd tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan mobil listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana bisa melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan kendaraan listrik tercepat waktu itu.
MINIATUR MOBIL SEDAN Boven Digoel

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 penggunaan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakekan mobil listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret bersama mobil tsb mendapatkan kepandaian jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan setinggi-tingginya 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd thn 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yang bermakna ‘tidak sudah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! malahan melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta batere yang mempunyai berat setengah dari berat mobilnya independen merupakan seberat 750kg.
Selepas melalui perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya mendapatkan kemunduran karna dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd thn 1908 kendaraan roda 4 Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL SEDAN Boven Digoel
Saat Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dgn peluncuran kendaraan bakar nomor satu ini, yakni cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini & sekalian mempengaruhi industri kendaraan pd masa itu. Ditambah dgn masih murahnya value berbahan dasar bakar dan dana produksi mobil bahan bakar hingga 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik semakin tidak populer.
