
MINIATUR MOBIL SEDAN Sijunjung
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik yakni penemuan globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan listrik sebetulnya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype mobil listrik kesatu yg dikerjakan pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Hendak tetapi pada wkt itu kendaraan roda empat listrik ini hyn dilengkapi dgn batree yg enggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan baterai yg mampu diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dalam perkembangan digital mobil listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yang dilengkapi dengan batere yang sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memublikasikan kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan test coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda beserta juga perahu sehabis itu barulah pd 30 hari November 1818 pd kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave mengiklankan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL SEDAN Sijunjung
Tdk Semua bln berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton & John Perry memperkenalkan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana menggunakan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang area kanan & dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju sampai lima belas km/jam dgn jarak tempuh lebih kurang 40 kilometer.
Berkat beberapa penemuan primer itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai menjadi lokasi dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pada tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda 4 listrik pabrikan utk pertama kalinya. Ia sedianya adalah penemu yang berprofesi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menciptakan lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru dgn cara formal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mengintroduksi mobil ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan roda empat listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana dapat melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan listrik tercepat wkt itu.
MINIATUR MOBIL SEDAN Sijunjung

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pd tahun1897 penggunaan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai menerapkan mobil listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret beserta kendaraan roda 4 tsb memperoleh kemahiran jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan maksimum 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pd thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yg bermakna ‘tidak pernah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batree yg memiliki berat setengah dari berat mobilnya sendiri merupakan seberat 750kg.
Selesai lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya mendapatkan kemunduran karena dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd tahun 1908 kendaraan roda empat Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL SEDAN Sijunjung
Saat Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda 4 bakar kesatu ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan roda empat modern waktu ini & sekalian mempengaruhi industri kendaraan pd saat itu. Ditambah dengan masih murahnya value berbahan bakar bersama uang produksi kendaraan material bakar sampai 2 kali ekstra ekonomis dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik lama kelamaan tidak populer.
