MINIATUR MOBIL SIENTA

 MINIATUR MOBIL SIENTA

MINIATUR MOBIL SIENTA
Mobil sudah menjadi lokasi dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat amat menyokong mobilitas manusia masa melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, rupa beserta jenis kendaraan sudah sangat beragam. Start dari family wagon dgn kata lain kini lbh dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun sudah sangat beragam. Seperti kelas 1.000-1.500 cc utk mobil-mobil perkotaan. Dengan Kata Lain kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yg banyak dipakai oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tidak mau membahas rupa kendaraan roda 4 yg ada wkt ini. Kali kita akan menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana proses serta perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 sampai memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL SIENTA
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg bisa membawa mereka ke tempat lain dgn lebih muda, Leonardo da Vinci udah menciptakan konsep “mobil” pd 1478. Konsepsi ini belum menggunakan mesin dan masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dibuat manusia. Memakekan mesin uap ini digunakan utk menopang pergerakan kebutuhan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini sama dgn kecepatan manusia saat berjalan.

MINIATUR MOBIL SIENTA
Era 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 berubah babak bermanfaat dalam sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, saat sebuah mesin material bakar solar mulai diperkenalkan bersama selanjutnya banyak diperlukan masyakarat.

Wkt pertama dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak sebab sanggup menghasilkan mesin yang extra efisien dalam pendayagunaan materi bakar. Mesin diesel terus dikembangan beserta masih teguh dipake selaku salah satu mesin mobil.

MINIATUR MOBIL SIENTA
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin material bakar bensin. Menerapkan 3 roda sebagai penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh cakap mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Tidak mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah ekspansi kendaraan roda empat pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.

MINIATUR MOBIL SIENTA
Zaman 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil praktis yang sudah diproduksi mulai memperoleh evolusi. Wkt pertama diperkenalkan, mobil saat itu belom memakekan stir bulat serupa yang kita kenal wkt ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk setengah lingaran saja. Sampai-Sampai ada yg menggunakan semacam tongkat bagi menggerakan roda depan ke kanan dan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai bersama sebenarnya lbh menggampangkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL SIENTA
Kendaraan Roda 4 kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun sudah mulai bertambah tinggi. Bisa menggapai 15-20 km/jam. Udah extra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang berkisar 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negeri bagian Alabama, Amerika Serikat, mematok kecepatan setinggi-tingginya kendaraan roda empat wkt itu hanya 12 km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Tipe T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, teknik pembuatan kendaraan roda empat ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche wkt menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL SIENTA
Era 1920
Di periode ini, kendaraan roda empat sudah mulai berubah daerah dari kehidupan manusia. Terlebih sudah menjadi industri yg terus berkembang bertepatan munculnya penemuan-penemuan baru yang tersangkut mobil.

MINIATUR MOBIL SIENTA

 MINIATUR MOBIL SIENTA

Kendaraan Roda 4 Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat sampai-sampai byk bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda empat dari mulai size kecil sampai size besar. Namun, tampaknya hanya mereka yg bermodal besar saja yg bisa bertahan.

Dari berkisar 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjadi hanya tinggal 44 saja pada 1929. Dari total itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dengan Chrysler.

Pada periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda 4 tak lagi merasa kesepian saat berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL SIENTA
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pusat untuk menciptakan kendaraan yang bisa bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL SIENTA
Jeep militer thn 1940-an
Salah satu inovasi terutama di dekade ini yakni kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas dipake buat medan perang yang punya kondisi tanah nggak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yang sekadar tinggi meski butuh menjelajahi lokasi berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL SIENTA
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi bisa mengembangkan modern yang mereka punyai waktu itu. Muncul mesin dgn globalisasi injeksi pd Januari 1951.

Mobil pertama yg memakekan mesin injesi ini yakni Gutbrod Superior & Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan roda 4 ini formal dipasarkan ke masyarakat bersama mendapat sambutan hanya positif.

MINIATUR MOBIL SIENTA
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini adalah imbas dari kecemasan masyarakat masa itu terhadap besaran karbondioksida yg terus meningkat berbarengan pertumbuhan nominal kendaraan yg semakin meningkat.

Namun, globalisasi karya Eugene Houdry tsb wkt itu masih sebatas percobaan coba dan diterapkan buat mesin material bakar bensin. Tapi, buah pikiran ini mampu dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yg berkembang saat itu.

MINIATUR MOBIL SIENTA
Dekade 1960
Sejarah mobil memasuki jaman yg lebih maju. Kendaraan Roda 4 udah semakin memasyarakat dengan design yg lbh compact dan fungsional.

MINIATUR MOBIL SIENTA
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai skema enggak umum dengan ditahbiskan selaku kendaraan roda empat rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dengan Focus yang merupakan mobil-mobil pionir dengan reka bentuk extra simpel & tak besar.

Sejak waktu itu, penghasil kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lbh simpel.

MINIATUR MOBIL SIENTA
Era 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dgn munculnya digital airbag pd 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang mampu mendukung penumpang bebas dari cidera parah saat menerima kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL SIENTA

MINIATUR MOBIL SIENTA

MINIATUR MOBIL SIENTA

LihatTutupKomentar