MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

 MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Kendaraan Roda 4 udah menjelma area dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 sangat mendukung mobilitas manusia wkt melakukan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, jenis bersama tipe kendaraan roda empat sudah amat beragam. Mulai dari family wagon dgn kata lain masa ini lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah amat beragam. Semacam kelas 1.000-1.Lima Ratus cc bakal mobil-mobil perkotaan. Atau mobil bermesin di atas 2.000 cc yg banyak dipake oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tak akan membahas rupa kendaraan roda empat yg ada masa ini. Kali kita mau menjelajahi historis mobil. Bagaimana sistem & perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 sampai memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang dpt membawa mereka ke wadah lain dgn ekstra muda, Leonardo da Vinci udah membuat ide “mobil” pada 1478. Rancangan ini belom memakekan mesin beserta masih bercorak sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Memakaikan mesin uap ini digunakan bakal mendukung pergerakan kebutuhan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini dengan dengan kecepatan manusia wkt berjalan.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Periode 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjadi babak berpengaruh dalam sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, tatkala sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan beserta lantas byk dipakai masyakarat.

Waktu kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul sebagai tonggak karna dapat menghasilkan mesin yg lbh efisien dalam pemanfaatan material bakar. Mesin diesel terus dikembangan bersama masih selalu digunakan selaku salah 1 mesin mobil.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Cikal bakal kendaraan 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin berbahan dasar bakar bensin. Memakaikan tiga roda sbg penggerak, kendaraan ini dirancang oleh terlatih mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Tak kepingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah memperluas mobil pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil sederhana yg udah diciptakan mulai mengalami evolusi. Saat pertama diperkenalkan, mobil masa itu belom memakaikan stir bulat seperti yg kita kenal saat ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan berbentuk 1/2 lingaran saja. Malahan ada yang memakaikan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan beserta ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake beserta memang extra menggampangkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Kendaraan Roda 4 kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda 4 pun udah mulai bertambah tinggi. Sanggup sampai 15-20 km/jam. Sudah extra cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yg berkisar 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negara area Alabama, Amerika Serikat, membatasi kecepatan pol kendaraan masa itu cuma 12 km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Model T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, teknik pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche masa menemukan mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Zaman 1920
Di era ini, kendaraan roda 4 udah mulai berubah daerah dari kehidupan manusia. Malahan udah menjelma industri yang terus berkembang seperjalanan munculnya penemuan-penemuan baru yang tergantung mobil.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

 MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

Kendaraan Roda Empat Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat bahkan byk bermunculan industri yang menciptakan mobil dari mulai size kecil hingga skala besar. Namun, tampaknya cukup mereka yg bermodal gede saja yg sanggup bertahan.

Dari sekitar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi cuma tinggal 44 saja pd 1929. Dari total itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, serta Chrysler.

Pd era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan nggak lagi merasa kesepian pada waktu berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi sumber untuk menciptakan kendaraan yg sanggup bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Jeep militer tahun 1940-an
Salah 1 inovasi terpenting di zaman ini ialah kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas diperlukan buat medan perang yang punya situasi kapling nggak rata.

Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yang sekadar tinggi meski mesti menjelajahi area berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali bisa mengembangkan tekno yang mereka dapatkan saat itu. Muncul mesin dengan teknologi injeksi pada Januari 1951.

Kendaraan Roda 4 kesatu yang menggunakan mesin injesi ini merupakan Gutbrod Superior dengan Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua kendaraan roda empat ini formal dipasarkan ke publik & mendapat sambutan cuman positif.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan rakyat wkt itu terhadap besaran karbondioksida yg terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah kendaraan yg makin meningkat.

Namun, modern karya Eugene Houdry tersebut waktu itu masih sebatas uji coba coba dan diterapkan utk mesin bahan bakar bensin. Tapi, ide ini dapat dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding globalisasi yang berkembang waktu itu.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Era 1960
Sejarah kendaraan roda 4 memasuki jaman yang ekstra maju. Kendaraan Roda 4 sudah semakin memasyarakat dgn rupa yang lebih compact & fungsional.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang punya model tak jamak dan ditahbiskan bagaikan mobil rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, bersama Focus yg adalah mobil-mobil pionir dgn skema lebih simpel bersama tak besar.

Sejak waktu itu, penghasil kendaraan roda 4 mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lebih simpel.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Dekade 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dgn munculnya globalisasi airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang mampu menunjang penumpang luput dari luka parah masa menerima kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

LihatTutupKomentar