
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Kendaraan udah menjelma area dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan amat membantu mobilitas manusia wkt melaksanakan aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, tipe dan tipe kendaraan sudah sangat beragam. Mulai dari family wagon dengan kata lain waktu ini lebih dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun udah amat beragam. Serupa kelas 1.000-1.500 cc untuk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain mobil bermesin di atas 2.000 cc yang banyak dipakai oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.
Namun kali ini kita enggak hendak membahas variasi kendaraan roda empat yang ada wkt ini. Kali kita mau menjelajahi historis mobil. Bagaimana teknik bersama perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 hingga memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang mampu membawa mereka ke ruang lain dgn extra muda, Leonardo da Vinci udah menghasilkan sketsa “mobil” pada 1478. Draf ini blm memakaikan mesin bersama masih berbentuk sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Memakaikan mesin uap ini dipegunakan bagi mendukung pergerakan keperluan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini sama dgn kecepatan manusia wkt berjalan.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Era 1880
Penemuan mesin diesel pd 1882 berubah babak bermakna dalam sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, momen sebuah mesin berbahan dasar bakar solar mulai diperkenalkan dengan lantas byk dipake masyakarat.
Wkt kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul sebagai tonggak karna mampu menghasilkan mesin yg lebih efisien dlm penerapan materi bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih teguh dipegunakan sebagai salah satu mesin mobil.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin bahan bakar bensin. Memakekan 3 roda bagaikan penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh expert mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.
Enggak ingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah membangun kendaraan roda empat pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Dekade 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk setengah lingaran saja. Lebih-Lebih ada yg menerapkan semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan serta ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake serta sebenarnya extra menggampangkan pergerakan mobil.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Kendaraan Roda 4 pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun sudah mulai makin tinggi. Bisa sampai 15-20 km/jam. Udah lebih cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yg berkisar 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negara daerah Alabama, Amerika Serikat, memagari kecepatan setinggi-tingginya kendaraan waktu itu semata-mata dua belas km/jam.
Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, sistem pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Merupakan Ferdinand Porsche yg menemukan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche saat menemukan mesin ini baru 18 tahun.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Era 1920
Di zaman ini, kendaraan roda empat udah mulai menjelma daerah dari kehidupan manusia. Sampai-Sampai sudah menjelma industri yg terus berkembang bersamaan munculnya penemuan-penemuan baru yang terkait mobil.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

Kendaraan Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat sampai-sampai byk bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda empat dari mulai skala kecil hingga skala besar. Namun, tampaknya cukup mereka yg bermodal gede saja yang sanggup bertahan.
Dari sekitar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya berubah sekadar tinggal 44 saja pd 1929. Dari jumlah itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, & Chrysler.
Pd era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda empat enggak lagi merasa kesepian saat berkendara seorang diri.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, situasi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi fokus buat menciptakan kendaraan yg dpt bermanfat di medan perang.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Jeep militer thn 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg cuma tinggi meski usah menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali dapat mengembangkan teknologi yang mereka dapatkan waktu itu. Muncul mesin dgn teknologi injeksi pd Januari 1951.
Kendaraan Roda 4 kesatu yang memakaikan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior & Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua mobil ini sah dipasarkan ke massa beserta mendapat sambutan hyn positif.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini ialah imbas dari kecemasan massa waktu itu terhadap besaran karbondioksida yang terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah kendaraan yg semakin meningkat.
Namun, tekno karya Eugene Houdry tsb wkt itu masih sebatas percobaan coba dan diterapkan untuk mesin materi bakar bensin. Tapi, ide ini dpt dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding modern yang berkembang masa itu.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Era 1960
Historis kendaraan roda empat memasuki zaman yang extra maju. Mobil sudah semakin memasyarakat dengan desain yang lebih compact beserta fungsional.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
VW Beetle 1960
Hal ini tak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai model nggak umum serta ditahbiskan selaku kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, & Focus yang adalah mobil-mobil pionir dgn design extra simpel bersama enggak besar.
Sejak wkt itu, pembuat kendaraan roda 4 mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lebih simpel.
MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Zaman 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dengan munculnya globalisasi airbag pd 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg bisa menopang penumpang selamat dari cedera parah waktu menemukan kecelakaan.
