MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

 MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Kendaraan sudah menjadi wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 sangat membantu mobilitas manusia masa melaksanakan kesibukan sehari-hari.

Apalagi sekarang, design serta jenis kendaraan sudah sangat beragam. Start dari family wagon alias saat ini lbh dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun sudah amat beragam. Serupa kelas 1.000-1.Lima Ratus cc untuk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yg byk dipegunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita enggak mau membahas macam kendaraan roda 4 yang ada wkt ini. Kali kita hendak menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana teknik dan perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 sampai memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dpt membawa mereka ke ruang lain dgn lebih muda, Leonardo da Vinci sudah membuat konsep “mobil” pd 1478. Rancangan ini belum memakekan mesin beserta masih bercorak sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diurus manusia. Memakekan mesin uap ini digunakan buat menolong pergerakan kebutuhan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini sama dengan kecepatan manusia wkt berjalan.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Dekade 1880
Penemuan mesin diesel pd 1882 berubah babak substansial dalam sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, ketika sebuah mesin berbahan dasar bakar solar mulai diperkenalkan bersama selanjutnya byk dipakai masyakarat.

Wkt pertama dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak karna bisa membuat mesin yang lebih efisien dlm penggunaan material bakar. Mesin diesel terus dikembangan & masih teguh dipake selaku salah satu mesin mobil.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin berbahan dasar bakar bensin. Memakekan 3 roda selaku penggerak, kendaraan ini dirancang oleh lihai mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Nggak hendak kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah ekspansi kendaraan roda 4 pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Era 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil efisien yang sudah dirancang mulai mendapatkan evolusi. Wkt pertama diperkenalkan, kendaraan roda 4 waktu itu belom menggunakan stir bulat semacam yg kita kenal wkt ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk setengah lingaran saja. Terlebih ada yg memakaikan semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan dan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai digunakan dan emang ekstra memudahkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Mobil kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda 4 pun udah mulai makin tinggi. Mampu sampai 15-20 km/jam. Sudah lbh cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yg kurang lebih 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negara bagian Alabama, Amerika Serikat, memasung kecepatan maksimum kendaraan roda 4 saat itu cukup dua belas km/jam.

Di era ini Ford mulai mengenalkan Desain T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, proses pembuatan mobil ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Merupakan Ferdinand Porsche yg mendapatkan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche waktu menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Periode 1920
Di periode ini, kendaraan udah mulai menjadi wilayah dari kehidupan manusia. Malahan udah menjelma industri yg terus berkembang seperjalanan munculnya penemuan-penemuan baru yg terikat mobil.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

 MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

Kendaraan Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda empat dari mulai size kecil hingga size besar. Namun, tampaknya cukup mereka yang bermodal gede saja yang dapat bertahan.

Dari kira-kira 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjelma cukup tinggal 44 saja pada 1929. Dari besaran itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, serta Chrysler.

Pd periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan tidak lagi merasa kesepian tatkala berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi pusat utk menciptakan kendaraan yang sanggup bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Jeep militer tahun 1940-an
Salah satu penemuan sangat penting di zaman ini yaitu kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas dipegunakan untuk medan perang yg mempunyai keadaan tanah enggak rata.

Kendaraan militer ini punya kecepatan yg cukup tinggi meski kudu menjelajahi bagian berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali bisa mengembangkan teknologi yang mereka peroleh masa itu. Muncul mesin dengan teknologi injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda Empat pertama yg menerapkan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior dengan Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua mobil ini legal dipasarkan ke publik & mendapat sambutan cukup positif.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Goliath GP 700 E
Awal 1956, globalisasi baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini adalah imbas dari kecemasan publik saat itu terhadap nominal karbondioksida yang terus meningkat bersamaan pertumbuhan besaran kendaraan yang makin meningkat.

Namun, digital karya Eugene Houdry tersebut wkt itu masih sebatas percobaan coba dengan diterapkan bakal mesin bahan bakar bensin. Tapi, ide ini dapat dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yang berkembang masa itu.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Era 1960
Historis kendaraan memasuki jaman yang lbh maju. Kendaraan Roda 4 udah semakin memasyarakat dengan model yg lebih compact beserta fungsional.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
VW Beetle 1960
Hal ini nggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang punya tipe tak normal dengan ditahbiskan selaku kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, & Focus yang merupakan mobil-mobil pionir dengan desain ekstra simpel bersama enggak besar.

Sejak saat itu, produsen kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yang ekstra simpel.

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA
Dekade 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dengan munculnya globalisasi airbag pd 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg dpt menopang penumpang lepas dari cedera parah wkt menjumpai kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

MINIATUR MOBIL SUZUKI ERTIGA

LihatTutupKomentar