
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
Kendaraan Roda 4 sudah berubah area dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat sangat membantu mobilitas manusia saat melakukan aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, jenis serta jenis mobil udah amat beragam. Mulai dari family wagon atau masa ini lbh dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun udah sangat beragam. Semacam kelas 1.000-1.500 cc utk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan bermesin di atas 2.000 cc yang byk dipegunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.
Namun kali ini kita tak mau membahas variasi kendaraan roda 4 yg ada masa ini. Kali kita bakal menjelajahi historis mobil. Bagaimana metode beserta perkembangan mobil dari abad 19 sampai memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dpt membawa mereka ke ruang lain dengan extra muda, Leonardo da Vinci udah menciptakan sketsa “mobil” pd 1478. Tema ini blm memakekan mesin beserta masih berupa sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diurus manusia. Memakekan mesin uap ini digunakan buat menunjang pergerakan keperluan militer Prancis pd 1870-an dlm membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya masa itu diyakini sama dgn kecepatan manusia waktu berjalan.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
Era 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjadi babak esensial dlm historis mobil. Tepatnya pada Januari 1882, selagi sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan dan sesudahnya banyak dipegunakan masyakarat.
Masa nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul sebagai tonggak karna bisa menghasilkan mesin yg extra efisien dalam pemanfaatan bahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan beserta masih konsisten dipake bagaikan salah 1 mesin mobil.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
Cikal bakal kendaraan 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin materi bakar bensin. Memakekan tiga roda sebagai penggerak, kendaraan ini dibuat oleh jago mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.
Nggak kepingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mengembangkan kendaraan roda 4 pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
Era 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan berbentuk setengah lingaran saja. Terlebih ada yg memakaikan semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake bersama sebenarnya lbh menggampangkan pergerakan mobil.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
Kendaraan kesatu Henry Ford
Kecepatan mobil pun sudah mulai meningkat tinggi. Bisa menggapai 15-20 km/jam. Udah lebih cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yg sekitar 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negeri lokasi Alabama, Amerika Serikat, mengerem kecepatan pol mobil waktu itu hyn dua belas km/jam.
Di era ini Ford mulai mengenalkan Rupa T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, operasi pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Ialah Ferdinand Porsche yang menemukan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche saat mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
Zaman 1920
Di era ini, kendaraan roda 4 sudah mulai berubah wilayah dari kehidupan manusia. Terlebih sudah berubah industri yg terus berkembang berbarengan munculnya penemuan-penemuan baru yg tersangkut mobil.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960

Kendaraan Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda empat dari mulai size kecil hingga size besar. Namun, tampaknya cuma mereka yg bermodal gede saja yang sanggup bertahan.
Dari berkisar 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjadi semata-mata tinggal 44 saja pd 1929. Dari besaran itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.
Pada zaman ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda empat tidak lagi merasa kesepian kala berkendara seorang diri.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, situasi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pokok bagi menciptakan kendaraan yang sanggup bermanfat di medan perang.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg cuma tinggi meski perlu menjelajahi area berkontur naik turun. Waktu ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi bisa mengembangkan digital yang mereka peroleh saat itu. Muncul mesin dengan tekno injeksi pd Januari 1951.
Mobil kesatu yang memakekan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior bersama Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua kendaraan roda 4 ini formal dipasarkan ke publik & mendapat sambutan semata-mata positif.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yaitu imbas dari kecemasan masyarakat saat itu terhadap total karbondioksida yang terus meningkat seiring pertumbuhan besaran kendaraan yang makin meningkat.
Namun, globalisasi karya Eugene Houdry tersebut wkt itu masih sebatas uji coba bersama diterapkan bagi mesin berbahan dasar bakar bensin. Tapi, inspirasi ini dpt dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding digital yg berkembang masa itu.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
Era 1960
Sejarah kendaraan roda 4 memasuki zaman yang extra maju. Kendaraan sudah makin lama memasyarakat dengan skema yang lebih compact bersama fungsional.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
VW Beetle 1960
Hal ini tak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai konstruksi tak standar serta ditahbiskan sebagai kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, bersama Focus yg adalah mobil-mobil pionir dengan tipe lebih simpel & tidak besar.
Sejak saat itu, penghasil kendaraan roda 4 mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lbh simpel.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960
Zaman 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dgn munculnya modern airbag pd 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg bisa menyokong penumpang lolos dari cedera parah waktu mengalami kecelakaan.
